Rabu, 22 Februari 2023. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menyelenggarkan Undip Career Days 2023 di Auditorium Imam Bardjo S.H, kampus Undip Pleburan. Acara ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam mengejar karir setelah lulus. Acara ini berhasil menarik minat ribuan peserta yang berasal dari berbagai wilayah, tidak hanya dari Fakultas Teknik saja, namun juga dari fakultas lainnya maupun dari luar lingkungan Universitas Diponegoro.

Pembukaan dari Undip Career Days 2023 diawali dengan sambutan dari Dr. Eng. Gunawan Dwi Haryadi, ST., MT, ketua dari Engineering Career Center (ECC). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Undip Career Days 2023 ini diinisiasi oleh Engineering Career Center Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. ECC sendiri merupakan direktorat baru di tingkat Fakultas yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menyalurkan lulusan baru maupun alumni mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik. Adapun kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dalam bidang kerjasama di mana ECC berkolaborasi secara efektif bersama pihak ke 3, yaitu Level 7 Indonesia. Level 7 Indonesia sendiri didapuk sebagai Event Organizer dari acara bursa kerja kali ini. Acara Undip Career Days 2023 merupakan wujud dari dukungan Fakultas Teknik Undip terhadap mahasiswa dalam mengejar karir di harapkan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan dengan doa yang dipimpin oleh Manajer Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Bapak Ari Eko Widiyantoro ,S.T., M.Si. Setelah pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbol pembukaan UNDIP Career Days. Pemotongan pita dilakukan oleh Ketua ECC, Bapak Dr. Eng. Gunawan.

Setelah acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan seperti pameran dari berbagai perusahaan yang telah bekerja sama dengan Universitas Diponegoro. Dalam pameran tersebut, perusahaan-perusahaan tersebut tidak hanya menampilkan produk dan jasa mereka, namun juga memberikan informasi mengenai lowongan yang tersedia di perusahaan tersebut. Para peserta bursa kerja diberikan kesempatan untuk bertemu langsung dengan para profesional di bidangnya. Para profesional tersebut akan memberikan pengalaman dan tips dalam meniti karir, sehingga mahasiswa dapat lebih siap dalam memasuki dunia kerja.

Terkait dengan Undip Career Days 2023, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc., Ph.D. menyambut baik pelaksanaan dari acara perdana ECC tersebut. Menurut Beliau, Penerapan kurikulum OBE di Fakultas Teknik membuat Fakultas Teknik harus terus mengevaluasi mahasiswa lulusannya tiga hingga empat tahun setelah mahasiswa tersebut lulus. Selain itu juga, tuntutan dari akreditasi Internasional dan juga IKU PTN-BH membuat Fakultas Teknik harus senantiasa memperhatikan lulusannya, terutama terkait dengan penerimaan kerja dari lulusan tersebut. Dengan adanya Undip Career Days, beliau cukup puas karena Fakultas Teknik bisa memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut. Selain itu, menurut beliau kehadiran ECC dapat mengisi ruang yang muncul akibat ketiadaan kegiatan terkait karir dan lulusan di Undip selama ini

Selain itu Wakil Dekan Sumber Daya Dr. Abdul Syakur, ST, MT menyampaikan juga bahwa Undip Career Days merupakan hal yang baru bagi Fakultas Teknik Undip. Dalam acara ini, Fakultas Teknik pertama kalinya melaksanakan bursa lowongan kerja. Menurut beliau, ketika Fakultas Teknik menginisiasi pembentukan ECC, Fakultas Teknik cukup beruntung karena langsung bertemu dengan pihak yang juga sedang mencari rekan kerja sama untuk mengadakan bursa kerja. Selama ini, ujar beliau, Universitas Diponegoro cukup jarang mengadakan bursa kerja bagi para lulusannya. Hal ini berujung pada kekosongan terkait pengurusan karir dari lulusan Universitas Diponegoro itu sendiri. Dari kekosongan itulah ECC diciptakan dengan harapan agar bisa membuat program-program yang dapat menyerap lulusan baru untuk bisa segera mendapatkan kerja. Dan wujud nyatanya untuk saat ini adalah kerja sama yang berbuah acara bursa kerja ini.

Undip Career Days 2023 berhasil menyediakan platform yang sangat berguna bagi para mahasiswa Universitas Diponegoro dalam mengejar karir. Acara ini berhasil menghadirkan banyak perusahaan dan profesional yang membantu mahasiswa dalam mengetahui dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja. Semoga acara ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi para mahasiswa Universitas Diponegoro ke depannya.

Sumber: ft.undip.ac.id

Share this :