Universitas Diponegoro – Semarang. Dalam rangka mendorong mahasiswa menjalankan wirausaha dan sebagai upaya meningkatkan ekosistem kewirausahaan perguruan tinggi, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2023 pada Selasa, 28 Februari 2023 pukul 08.00 WIB di Gedung Prof. Soedarto, S.H. kampus Undip Tembalang.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya Prof. Faisal mengungkapkan bahwa entrepreneurship adalah sektor usaha yang paling kuat ketika menghadapi resesi. Salah satu keberhasilan Perguruan Tinggi adalah menghasilkan wirausahawan-wirausahawan yang tangguh.

“Program ini adalah program yang sangat bagus. Sebagai lulusan perguruan tinggi, mahasiswa dapat memilih passionnya, salah satunya sukses menjadi seorang wirausaha,” ucap Prof. Faisal.

Ia berharap pada kegiatan ini mahasiswa melalui bimbingan dari para PIC dan dosen pendamping mampu menangkap potensi-potensi yang bisa memiliki prospek yang besar untuk didanai. Dengan pendanaan yang relatif terbatas, paling tidak mahasiswa mampu memberi bekal untuk pengembangan bisnis-bisnis berikutnya.

Dalam laporannya Wakil Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H. menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan roadshow beberapa hari yang lalu di fakultas-fakultas, bersamaan dengan kegiatan PKM dan Ormawa. “P2MW diselenggarakan dalam rangka mengaktifkan dan mengembangkan passion mahasiswa di bidang kewirausahaan. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi secara aktif. Muara dari kegiatan ini nanti adalah UKM Expo.” jelasnya.

Kegiatan Sosialisasi P2MW Tahun 2023 ini akan meningkatkan passion mahasiswa di bidang kewirausahaan melalui bimbingan dari para dosen dan arahan dari PIC P2MW. “Kegiatan ini dihadiri sekitar 200 orang. Harapannya, baik dosen maupun mahasiswa dapat saling berkolaborasi membuat kreasi gagasan-gagasan terkait kewirausahaan yang akan diwadahi dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Karena untuk P2MW ini kita tidak mulai dari nol, tapi tindak lanjut dari PMW. Untuk PMW nanti program dari Undip. Dalam laporan sebelumnya ada kurang lebih 50 sampai 60 mahasiswa yang kita danai. Dari PMW ini akan menetas beberapa embrio kewirausahaan yang akan ditingkatkan ke P2MW. Ibaratnya sebagai langkah awal menuju ke P2MW,” ucap Nuswantoro.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Anis Qomariah, S.A.B., M.Ling. selaku dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip dan PIC PMW ini dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) oleh narasumber. Narasumber pertama yaitu Narulita Santi, S.T., M.Eng. selaku dosen Fakultas Teknik Undip dan PIC P2MW yang memaparkan materi mengenai Sistematika Penulisan Proposal Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2023.

Selanjutnya pemaparan materi oleh narasumber kedua yaitu Anjani Tri Fatharini, S.IP., M.A. selaku dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip yang menyampaikan materi mengenai Sistematika Pendaftaran Proposal Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2023.

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW. Perguruan tinggi diharapkan merancang proses pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter inovatif, berdampak, dan berkelanjutan.

Perguruan Tinggi didorong untuk mengembangkan program-program pembinaan kewirausahaan, jejaring kerja sama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta menciptakan ekosistem yang kondusif untuk pengembangan kewirausahaan berbasis pada pengalaman (experiential learning). (Dhany/Gabriela-Humas)

Share this :