Site icon Universitas Diponegoro

Departemen Peternakan FPP UNDIP Adakan Pelatihan Kesehatan Ternak dan Pembuatan Pakan Berkualitas bagi Peternak Sragen

Universitas Diponegoro – Semarang. Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo H.E.P, M.S, M.Sc., IPU mengirimkan dosen-dosen dari Departemen Peternakan untuk mendampingi peternak Sukorejo. Hal ini dilakukan atas permintaan Sukrisno, S.Pd., SD., S.H., selaku Kepala Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen guna meningkatkan perekonomian warganya yang selama ini menjalankan usaha beternaknya secara semi tradisional. Tim yang dipimpin oleh Dr. Ir. Sri Sumarsih, S.Pt., M.P., IPM mengadakan kegiatan pelatihan bidang peternakan, Sabtu, 4 Maret 2023, yang diikuti sekitar 120 peternak. Materi pelatihan adalah aspek kesehatan ternak dan pembuatan pakan berkualitas.

“Penyakit yang menyerang dan menjadi wabah akhir-akhir ini adalah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD), yang disebabkan oleh virus,“ kata drh. Ikania Agusetyaningsih, M.Pt. Dokter hewan dari Undip ini juga menjelaskan gejala penyakit, penularannya dan dampaknya pada kesehatan ternak. Upaya pencegahan dan penanganan juga dijelaskan secara gamblang. Selain dua penyakit tersebut, penyakit yang umum menyerang ternak seperti cacingan, kembung, diare, tetelo, kolera, botulismus hingga avian influenza juga dijelaskan di kegiatan pelatihan ini. “Jadi, yang paling penting adalah biosekuriti peternakan harus dilaksanakan dengan disiplin,” tambahnya mengakhiri diskusi bersama para peternak.

Materi pelatihan selanjutnya adalah pembuatan pakan yang berkualitas untuk ternak, khususnya sapi yang banyak dipelihara oleh warga Sukorejo. Materi disampaikan oleh Ir. Surono, M.P. ahli nutrisi pakan ruminansia. Dalam penjelasannya Surono menekankan perlunya pemberian pakan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan zat gizinya agar ternak dapat berproduksi maksimal. Pengenalan berbagai jenis bahan pakan termasuk menginventarisasi potensi bahan pakan lokal yang selama ini belum digunakan sebagai pakan, disampaikan dengan jelas sehingga dapat dipahami dengan baik oleh peserta pelatihan.

Setelah penjelasan materi, peserta pelatihan langsung mengikuti praktek pengolahan pakan dan pembuatan konsentrat.  Dalam kegiatan praktek, peserta diajarkan menggunakan mesin chopper grinder yang telah diserahterimakan oleh  Departemen Peternakan FPP Undip kepada Desa Sukorejo, disaksikan oleh Ibu Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Kegiatan pelatihan ini merupakan wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh FPP Undip dalam rangkaian percepatan tujuan  pembangunan nasional berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

Share this :
Exit mobile version