Site icon Universitas Diponegoro

Mahasiswa Teknik Komputer FT UNDIP Raih Medali Emas pada Tanoto Student Research Award 2022

Universitas Diponegoro – Semarang. Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip). Adalah Samuel Miduk Anugrah Pasaribu, mahasiswa yang berasal dari Teknik Komputer Fakultas Teknik Undip berhasil meraih medali emas pada kompetisi Tanoto Student Research Award (TSRA) 2022 di Institut Teknologi Bandung pada 10 Mei 2022 – 6 November 2022.

Samuel bersama dengan rekan timnya, yakni Patricia Quina Gita Naviri (UI), Dina Ferdinasari (ITB), Gilang Ramadhan (IPB), dan Andi Alifsyah Dyasham (UB) berhasil meraih medali emas dengan menciptakan inovasi bertajuk TERANA (Teman Indra Indonesia) yaitu paket media pembelajaran siswa tuli berbasis website. Paket pembelajaran ini mencakup flashcard dengan ilustrasi menarik yang dapat menampilkan video bila discan, LKS (lembar kerja siswa), serta website yang dilengkapi dengan voice recognition atau pengenal suara untuk siswa tuli.

“Puji Tuhan sangat bersyukur dan bangga karena dapat membawa nama baik Universitas Diponegoro untuk berkolaborasi dan mendapatkan penghargaan terbaik dalam kompetisi ini. Proses persiapan baik usaha dan waktu yang selama ini diberikan dalam penyelesaian proyek inovasi ini tidak sia-sia dan membuahkan hasil yang luar biasa baik. Kami juga berterima kasih kepada Universitas Diponegoro atas dukungan dan bantuannya dalam mempermudah proses penyusunan dan pelengkapan berkas administratif dan fasilitas yang telah diberikan selama kompetisi berlangsung.” ungkap Samuel saat dihubungi tim Humas, Senin (06/03).

Samuel dan tim mempersiapkan karya inovasi selama kurang lebih 4 bulan. Berbagai tantangan dihadapi oleh Samuel dan tim selama persiapan tersebut. “Pada kompetisi ini diperlukan persiapan ide inovasi yang akan dikerjakan dengan timeline yang tepat mengingat proses pengerjaan yang dilakukan secara daring (online) selama 4 bulan dengan tantangan perbedaan wilayah, perguruan tinggi, dan program studi.” ucap Samuel.

Selain meraih medali emas pada TSRA 2022, Samuel juga telah berhasil meraih prestasi di berbagai kompetisi, yaitu menjadi Finalis UI/UX Design Competition ISFEST UMN 2022, penerima Hibah Penelitian Mahasiswa Universitas Diponegoro 2021, dan Finalis Champion Award Essay Forum Studi Teknik UNDIP 2021. Ia pun mengaku akan mengikuti Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) pada kegiatan selanjutnya.

Dengan berbagai prestasi yang diraihnya, Ia berpesan kepada generasi muda Undip untuk selalu bersemangat dan optimis dalam meraih prestasi di dalam maupun di luar akademik. “Jangan pernah takut untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Jika berusaha dan bekerja keras, pasti akan mencapai hasil yang diinginkan.” jelas Samuel.

TSRA 2022 adalah kompetisi inovasi mahasiswa yang menawarkan solusi nyata bagi masyarakat pada kondisi dunia yang semakin menantang dan berubah dengan sangat cepat. TSRA 2022 dilaksanakan dalam bentuk interdisciplinary capstone design challenge. Para mahasiswa dituntut untuk saling kolaborasi dengan latar belakang perguruan tinggi negeri dan program studi yang berbeda dalam menciptakan sebuah purwarupa (prototype) produk inovatif.

Share this :
Exit mobile version