Lumbung Mataraman adalah salah satu program dari pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan dana keistimewaan (DAIS) dengan tujuan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.  Lumbung Mataraman di Kalurahan Bendung Kapanewon Semin, Gunungkidul diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Desember 2022.  Di area 1,5 hektar yang merupakan tanah kas Kalurahan Bendung, Lumbung Mataraman ini dikelola secara bersama-sama oleh Gabungan Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani yang berasal dari 9 Padukuhan, dengan ditanami berbagai komoditas pertanian. Tidak hanya bidang tanaman pangan, tetapi ada 250 ekor ternak domba yang dibudidayakan dan dikelola dalam area ini. Sehingga Lumbung Mataraman Gunungkidul memang menjadi kawasan pengembangan peternakan berbasis pola pertanian terpadu.

Lurah Bendung, Didik Rubiyanto mengatakan bahwa pengelolaan ternak domba ternyata membutuhkan banyak ilmu guna dapat berbudidaya yang ekonomis dan menguntungkan. Dalam perkembangannya tenyata faktor pakan untuk domba sebanyak 250 ekor menjadi kendala bagi pengelola Lumbung Mataraman.  “Penyediaan pakan yang berkualitas bagi ternak memang menjadi persoalan bagi kami dalam mengelola perbibitan domba. Untuk itu Kalurahan Bendung membutuhkan pelatihan dan pendampingan dari akademisi, yaitu dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip,” jelas Didik.

Guna menjawab persoalan yang dihadapi Lumbung Mataraman Gunungkidul ini, Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip Selasa kemarin, 7 Maret 2023 mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan pakan komplit guna peningkatan produktivitas domba penggemukan dan indukan.  Tim Dosen yang dipimpin oleh Wakil Dekan bidang Akademik Dr. Ir. Limbang Kustiawan Nuswantara, S.Pt., M.P., IPU selain memberikan pelatihan juga mendampingi praktek pembuatan pakan komplit.  Agung Subrata, S.Pt, M.P. dalam materi pelatihan menjelaskan pentingnya pemilihan bahan pakan lokal yang berpotensi sebagai sumber protein maupun energi guna memformulasikan pakan komplit yang tepat.  Sementara Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM, dosen dari Laboratorium Teknologi Pakan melakukan evaluasi dalam pembuatan pakan yang selama ini telah dilakukan.  Beberapa masukan teknis diberikan agar ke depannya pengelola Lumbung Mataraman Gunungkidul mampu secara mandiri memproduksi pakan komplit berkualitas. Harapannya usaha budidaya perbibitan domba akan berhasil dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya warga Kalurahan Bendung.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang senantiasa dilaksanakan oleh Undip dalam rangkaian percepatan tujuan  pembangunan nasional berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s). Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan yang masih ada di masyarakat.

Share this :