, ,

Undip Adakan Seleksi Peserta Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) Tingkat Universitas Tahun 2023

Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) serta peningkatan kualitas perguruan tinggi, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan berbagai kegiatan fasilitasi, salah satunya adalah ON-MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Seleksi ON-MIPA tahun 2023 digelar secara daring di tingkat wilayah dan luring di tingkat nasional. ON-MIPA Tingkat Universitas di lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) diselenggarakan pada Sabtu, 4 Maret 2023 bertempat di Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip, Tembalang, Semarang.

ON-MIPA diharapkan dapat mencetak prestasi mahasiswa dan menjadi masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA. Selain itu, kompetisi ini merupakan sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat.

Seleksi ON-MIPA tahun 2023 Tingkat Universitas di lingkungan Undip dihadiri oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Sains dan Matematika, dan jajaran pimpinan Undip lainnya.

Acara diawali dengan pembukaan di aula utama Gedung Dekanat Lama FSM, kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi empat bidang yaitu bidang Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika yang bertempat di gedung yang sama lantai 2 dan lantai 3.

Peserta seleksi ON-MIPA tingkat Undip adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Diponegoro program S1 atau Diploma bidang saintek atau bidang yang relevan.

“Jumlah peserta yang mengikuti seleksi adalah sebanyak 207 peserta yang akan disaring sebanyak 20 peserta, dengan masing-masing bidang 5 peserta. Nantinya mereka akan ditandingkan di Seleksi ON-MIPA 2023 Tingkat Wilayah yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 22-25 Mei 2023 secara daring. Pengumuman Seleksi ON-MIPA Undip 2023 akan disampaikan pada akhir Maret 2023,” tutur Nurdin Bahtiar, S.Si., M.T. selaku PIC seleksi ON-MIPA Undip.

Diharapkan para peserta dari Undip dapat berkompetisi secara maksimal dan mendapatkan hasil yang membanggakan. (Titis/Gabriela – Public Relations)