Site icon Universitas Diponegoro

FT UNDIP Sukses Menjadi Tuan Rumah Dean and Staff’s Course dari Forum Dekan Teknik Indonesia

Universitas Diponegoro – Semarang. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip) berkesempatan menjadi tuan rumah Dean and Staff’s Course Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) yang diselenggarakan pada tanggal 14-15 Maret 2023. Opening ceremony yang bertempat di Ruang Engineering Hall Lantai 5 Dekanat FT Undip ini dihadiri oleh Rektor Undip, Dekan FT Undip beserta jajarannya, Dewan Penasehat FDTI, Ketua Umum FDTI, Dekan serta Tenaga Kependidikan (Tendik) Fakultas Teknik peserta Dean and Staff’s Course yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya beliau menyambut baik acara Dean and Staff’s Course ini. “Selamat datang di Undip. Forum ini berguna dan penting. Selamat dan sukses, semoga acara ini semakin memperkuat organisasi dan dapat meningkatkan kualitas,” ucapnya.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., saat membuka acara Dean and Staff’s Course Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) yang diselenggarakan pada 14-15 Maret 2023 di Fakultas Teknik Undip.

Ketua Umum FDTI Prof. Selo, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D. mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan gabungan acara antara Dean Course yang pesertanya para Dekan dan Staff Course yang pesertanya Tendik. “Ini usul dari Dekan FT Undip, bagaimana Tendik yang merupakan partner dari Pimpinan Fakultas itu harus mempunyai pemahaman yang sama tentang bagaimana Fakultas Teknik kedepan, serta bagaimana mewujudkan target-target kinerja yang sudah ditetapkan,” jelas Prof. Selo.

Prof. Selo menambahkan kegiatan Dean and Staff’s Course ini sebagai wadah silahturahmi dan sinergi antar Dekan Fakultas Teknik. “Sesuai dengan visi FDTI yakni Satukan Visi Jalin Sinergi, kegiatan ini bertujuan untuk bersama-sama memikirkan dan bersinergi dalam pengembangan dunia teknologi. Kita mengetahui posisi Fakultas Teknik sangat strategis untuk membawa perubahan, sehingga perlu menyamakan visi agar menjadi kekuatan yang besar dan dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” tambahnya.

“Kami berharap acara Dean and Staff’s Course terus dilanjutkan di tahun depan, setiap tahun ada kegiatan lagi yang terus berulang untuk Dekan dan Tendiknya,” terangnya.

Senada dengan Prof. Selo, Dekan FT Undip Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang silahturahmi dan menjalin networking sehingga menciptakan sinergi yang positif antar Dekan. “Bagi kami Visi Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) itu luar biasa, walaupun kita berbeda-beda kita tetap harus bersinergi untuk membangun bangsa Indonesia ini,” ucap Prof. Agung.

Lebih lanjut Prof. Agung menjelaskan diikutsertakannya Tendik pada forum ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan skill kompetisi. “Salah satu kekuatan Perguruan Tinggi itu ada di SDM, sehingga kami mengusulkan ada Tendik yang diikutsertakan pada acara ini. Alhamdulillah itu disetujui oleh Ketua Umum. Dekan dan Tendik harus menjadi sebuah tim yang solid dan bekerja sama dengan baik, sehingga dapat mengelola sebuah institusi dengan baik,” pungkasnya.

Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) ini merupakan salah satu forum yang dideklarasikan pada tanggal 24 Mei 2017, saat itu bertempat di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dari kegiatan tersebut kemudian terus berkembang dan menjadi wadah koordinasi dan silahturahmi antar Dekan Fakultas Teknik beserta Tendik. (Dhany/Joshua-Humas)

 

Share this :
Exit mobile version