Tim mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) kembali meraih penghargaan dalam kompetisi internasional. Tim Capture Project Undip berhasil meraih medali silver pada event Thailand Inventors’ Day 2023 yang tergabung dalam Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition (IPITEx). Kompetisi penelitian internasional yang diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) ini berlangsung pada 2-6 Februari 2023 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Bangkok, Thailand.

Anggota tim terdiri dari Tegar Indera Hidayat (Mahasiswa S1 Perikanan Tangkap 2020/ Ketua Tim), Pranata Candra Perdana Putra (Mahasiswa S1 Perikanan Tangkap 2019), Zahwatul Ulla (Mahasiswa S1 Perikanan Tangkap 2019), Cindy Nurochmah (Mahasiswa S1 Sastra Inggris 2019), Rizkar Al Akbar (Mahasiswa S1 Teknik Elektro 2020). Dengan inovasinya berjudul “Fish-Caller Based on the Internet of Things (IOT) to Increase Fisheries Productivity in Artisanal Fishers”, tim mahasiswa Undip berhasil mendapatkan medali silver di antara ribuan inovasi lainnya dari berbagai negara.

Tim Capture Project berhasil meraih penghargaan dalam kategori Mechanics/Engines/Machinery/Manufacturing Process. Thailand Inventors’ Day 2023 merupakan even internasional yang diikuti oleh 24 negara dengan 456 inovasi, di mana Indonesia mengirimkan 92 inovasi terbaiknya.

Keberhasilan dan pencapaian ini tidak lepas dari kerja kolaborasi dalam komunitas riset dan inovasi Capture Project di Workshop Perikanan Tangkap, Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP. Di bawah arahan Kukuh Eko Prihantoko, S.Pi., M.Si. selaku pembimbing tim mahasiswa, Tim Capture Project Undip mampu menunjukkan inovasi menarik dan terbaiknya dalam kompetisi internasional.

“Banyak tantangan dalam pengembangan inovasi ini, namun hasil kerja kolaboratif Mahasiswa lintas prodi yang diinisiasi di Departemen Perikanan Tangkap ini ternyata mampu berkompetisi dalam even internasional. Semoga inovasi ini akan mewarnai hasil produk inovasi Undip dan bermanfaat bagi masyarakat. Selamat untuk seluruh Tim Capture Project atas capaian prestasinya dan semoga akan lahir kembali inovasi-inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Kukuh penuh optimis.

Share this :