UPT Keselamatan Kerja dan Lingkungan (UPT K3L) Universitas Diponegoro bersama PMI Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan donor darah dan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Kamis (16/3).

Posbindu merupakan program dari Dinas Kesehatan yang kegiatannya dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Posbindu PTM ini mendeteksi awal kesehatan pegawai di seluruh Undip.  Pemeriksaan Posbindu PTM meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, tensi, lingkar perut, tes gula darah, tes asam urat, dan tes kolesterol.

Dalam kegiatan ini, Undip juga menggandeng PMI sebagai mitra. Partisipasi Undip dalam kegiatan donor darah  menjadi bagian kontribusi Undip dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.  Selain mendukung hidup sehat, juga salah satu aktivitas sosial untuk membantu sesama. Kegiatan donor darah terbuka untuk civitas akademika Undip sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh PMI. Sebelum donor darah dilakukan, tenaga medis akan memeriksakan kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa seseorang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor.

Selain bekerja sama dengan PMI, UPT K3L bekerja sama dengan RSND, klinik pratama, dan bermitra dengan Puskesmas Rowosari. (Lin-Ulfa/Humas)

Share this :