Keluarga besar Universitas Diponegoro berduka cita atas meninggalnya Prof. Dr. Ir. Sumarsono, M.S. Guru Besar Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, tutup usia pada Sabtu, 18 Maret 2022.

Penghormatan terakhir diberikan oleh pimpinan dan civitas akademika Undip pada upacara persemayaman yang digelar pada Minggu (19/3) di Gedung SA MWA Undip Tembalang. Jenazah dimakamkan di Makam Keluarga Besar Universitas Diponegoro, Kompleks Kampus Undip Tembalang.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Persemayaman dalam sambutannya menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas wafatnya Prof. Dr. Ir. Sumarsono, M.S. “Saya mewakili Universitas Diponegoro menyampaikan duka cita kepada keluarga dan juga kami mohon maaf apabila didalam kami bersilahturahmi dengan almarhum maupun juga dengan keluarga ada hal-hal yang kurang berkenan,” tuturnya.

“Hari ini kita bersama-sama akan melepas salah satu putra terbaik dari Universitas Diponegoro. Undip yang hebat dengan segala peringkat, baik internasional maupun nasional, tentu saja didukung dengan adanya profesor-profesor yang hebat, salah satunya adalah Prof. Dr. Ir. Sumarsono, M.S. Kami merasa sangat kehilangan,” tambah Prof. Yos.

Lebih lanjut Prof. Yos mengucapkan rasa terima kasih atas segala darma bakti Prof. Sumarsono selama menjadi dosen. “Insyaallah banyak sekali hal-hal yang bermanfaat, seperti karya, ilmu, dan inovasi yang telah beliau berikan,” pungkasnya.

Telah banyak pengabdian yang sudah diberikan almarhum untuk masyarakat, terutama bagi perkembangan keilmuan Agroteknologi. Fokus penelitian yang pernah dilakukannya adalah Ilmu Tanaman Pakan dan Ekologi Pertanian.

Almarhum merupakan suami dari Dr. Ir. Wulan Sumekar, M.S., lahir di Yogyakarta  pada 06 Oktober 1953, meninggalkan 4 orang anak beserta menantu dan 8 orang cucu. (Dhany-Lin/Humas)

Share this :