Universitas Diponegoro – Semarang. Dalam rangka mendorong mahasiswa menjadi seorang wirausahawan dan menciptakan ekosistem kewirausahaan perguruan tinggi, Universitas Diponegoro (Undip) menggelar kegiatan Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2023 pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 08.00 WIB di Hall Kewirausahaan (KWU) Lantai 4 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Kampus Undip Tembalang Semarang.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya Prof. Faisal mengungkapkan bahwa Undip bersama dengan Pemerintah telah berkomitmen untuk membantu menyediakan pendanaan anggaran. “Hampir sekitar 600 juta disediakan untuk berwirausaha dan dimonitor untuk progress serapannya. Kalau tahun ini bisa mencapai lebih banyak dan output yang diperoleh sesuai dengan target, tentu anggaran itu akan ditingkatkan,” ucapnya.

Pada level nasional Prof. Faisal berharap kegiatan PMW ini bisa menjadi bekal untuk berkompetisi pada kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). “Pada tahun ini diharapkan kegiatan PMW dapat menghasilkan wirausahawan yang nantinya mampu bersaing secara nasional dan mensupport prestasi bagi Undip. Harapannya kegiatan PMW ini bisa menjadikan kewirausahaan sebagai salah satu sektor yang turut membantu perekonomian Indonesia,” pungkas Prof. Faisal.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Anjani Tri Fatharini, S.IP., M.A. selaku dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip ini dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) oleh narasumber. Narasumber pertama yaitu Anis Qomariah, S.A.B., M.Ling. selaku dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip dan PIC PMW yang memaparkan materi mengenai Sistematika Penulisan Proposal PMW 2023.

Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Diponegoro (PMW Undip) adalah program yang diberikan kepada wirausaha mahasiswa berbasis teknologi melalui lembaga inkubator bisnis untuk menjalankan proses inkubasi terhadap wirausaha mahasiswa Universitas Diponegoro sehingga siap untuk menjadi perusahaan pemula berbasis IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni) yang mendatangkan keuntungan (profitable) dan berkelanjutan (sustainable).

Selanjutnya pemaparan materi oleh narasumber kedua yaitu Narulita Santi, S.T., M.Eng. selaku dosen Fakultas Teknik Undip dan PIC P2MW yang menyampaikan materi mengenai Tips dan Trik Program Mahasiswa Wirausaha Undip. PMW diharapkan menjadi cikal bakal dalam mencetak job creator di Universitas Diponegoro dan menjadi ajang untuk menciptakan produk dan jasa dimana produk ataupun jasa berbasis pada pengembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). (Dhany/Gabriela-Humas)

Share this :