Mengacu pada semangat globalisasi, kolaborasi, dan akselerasi, Universitas Diponegoro (Undip) berkomitmen untuk memajukan komunitas akademiknya dalam berbagai bidang. Komitmen tersebut kembali dibuktikan dengan peringkat terbaru Undip yang dirilis oleh lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) tanggal 22 Maret 2023. Hasil pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2023, pada bidang Agriculture & Forestry, Undip berada di peringkat ke-4 nasional dan peringkat ke 351-400 internasional. Dalam bidang Business & Management Studies, Undip meraih peringkat ke-5 nasional dan peringkat ke 451-500 internasional.

QS WUR by Subjects 2023 menilai berdasarkan subjek yang mencakup total 54 disiplin ilmu yang kemudian dikelompokkan ke dalam lima bidang studi yang luas. Subjek yang dinilai meliputi Arts and Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences and Medicine, Natural Sciences, dan Social Sciences and Management, beserta tiga subjek baru di tahun ini yaitu Data ScienceHistory of Art, dan MarketingIndikator penilaian universitas dinilai berdasarkan reputasi akademik (academic reputation), reputasi lulusan (employer reputation), kutipan penelitian (research citations per paper) dilansir dari Elsevier Scopus, H-index, dan jaringan penelitian internasional.

Pemeringkatan QS WUR by Subjects yang disusun setiap tahun bertujuan untuk membantu calon mahasiswa untuk mengidentifikasi universitas terkemuka dalam subjek tertentu. Berdasarkan peringkat ini, bidang agrikultur serta bidang bisnis&manajemen Undip terbukti unggul.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama SH. M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas capaian tersebut.  Hasil pemeringkatan tersebut merupakan buah kerja keras dari seluruh jajaran di Universitas Diponegoro, termasuk para alumni yang telah berkontribusi melalui perannya masing-masing. “Tentunya kita berharap setiap tahun peringkat kita bisa lebih baik lagi. Kami terus berbenah dan meningkatkan kualitas akademik dan lulusan, publikasi, dan jejaring penelitian dengan para peneliti luar negeri sebagai upaya mencapai visi Undip menjadi universitas riset yang unggul serta cita-cita Undip menuju universitas berkelas dunia (world class university),” kata Prof Yos Johan, Selasa  (28/03/2023).

Menurut Prof. Yos, upaya terus meningkatkan reputasi di tataran global berdasarkan subjek/bidang keilmuan di Undip adalah sebuah keharusan karena hal ini juga menjadi tolak ukur yang dipakai oleh calon mahasiswa baru dalam menentukan Perguruan Tinggi dan jurusan (program studi) nya.

Share this :