,

Hebat! FISIP UNDIP Terbaik 2 Lingkup Keilmuan Sosial dan Pemerintahan di Indonesia Versi Edurank 2023

Semarang, Jawa Tengah (17/4) – Universitas Diponegoro kembali membuktikan sebagai universitas unggul dan berkelas dengan berhasilnya 2 (dua) bidang keilmuan yakni Ilmu Politik dan Pemerintahan dan Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) menduduki peringkat 2 terbaik di Indonesia versi Edurank tahun 2023 yang dipublikasikan oleh lembaga pemeringkatan tersebut, pada Jumat (14/3).

Edurank merupakan lembaga pemeringkatan internasional independen di Amerika yang mengukur kinerja universitas dan fakultas di seluruh dunia. Metode pengukuran Edurank didasarkan pada beberapa faktor, seperti kualitas pengajaran, riset, serta citra universitas .

Dengan menggunakan basis data 1,24 miliar sitasi dari 44,9 juta publikasi ilmiah terindeks, EduRank membuat pe-ranking-an universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan. Dalam pemeringkatan ini, EduRank juga menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas alumni.

Pada lingkup Ilmu Sosial dan Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip menempati peringkat kedua dengan 3.469 publikasi yang dibuat dan 3.552 kutipan yang diterima. Dengan topik penelitian utamanya adalah: Demografi, Ilmu Politik, Sosiologi, Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Kebijakan/ Administrasi Publik.

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Undip saat ini memiliki 5 (lima) departemen yakni Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi dan juga Ilmu Politik dan Pemerintahan. Terdiri dari 11 (sebelas) program studi, dimana 2 (dua) diantaranya yakni prodi S1 Administrasi Bisnis dan S1 Ilmu Komunikasi sudah terakreditasi internasional.

Dalam wawancaranya pada Senin (17/4), Dekan FISIP Dr. Hardi Warsono, M.T. mengungkapkan kebanggaan atas prestasi yang diraih. “Pengakuan internasional ini semakin memacu untuk terus meningkatkan layanan dan mutu pendidikan untuk berkontribusi dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, utamanya pemikiran dan sumbangsih dalam tata kelola pemerintahan,” ucap Hardi. Ia menambahkan prestasi ini merupakan kerja keras dan upaya dari segenap sivitas akademika dan tendik FISIP dalam mendukung Undip menjadi kampus riset yang unggul dan berkelas.

Dalam Undip upaya mendukung mutu pendidikan dan kualitas pengajaran, FISIP melengkapi faslitas yang mendukung seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, laboratorium, ruang diskusi yang nyaman bagi mahasiswa dan fasilitas pendukung lainnya. Selain juga memperluas jejaring baik skala nasional maupun global.

Lulusan FISIP Undip juga banyak tersebar dan beberapa diantaranya berhasil menduduki jabatan strategis baik di pemerintahan maupun di lembaga bergengsi lainnya. Hal tersebut semakin memantapkan Undip menjadi universitas unggul dan berkelas yang lulusannya nomor 1 (satu) cepat memperoleh pekerjaan.(Ut-Humas)

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait