Awal tahun adalah waktu untuk menyusun perencanaan dan membidik program kerja. Begitu pula bagi seorang mahasiswa. Mahasiswa harus terbiasa membuat perencanaan kerja di awal tahun agar terbiasa melaksanakan langkah kerja taktis dan strategis hingga nanti masuk ke dunia kerja. Salah satu capaian mahasiswa yang layak dikejar sejak awal tahun adalah beasiswa.

Bank Indonesia Jawa Tengah bersama Universitas Diponegoro menjalin kerja sama dalam tawaran beasiswa Bank Indonesia sejak tahun 2021. Tidak hanya menerima beasiswa, setiap mahasiswa yang lolos sebagai penerima beasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan sepanjang tahun  komunitas bentukan Bank Indonesia yang disebut GENBI (Generasi Baru Indonesia). Semua informasi tentang GENBI bisa dilihat pada laman resminya www.generasibaruindonesia.com.

GENBI tahun 2023 ini dimulai seleksinya sejak 13 Januari 2023. Undip mendapat kuota beasiswa sebanyak 130 yang akan diperebutkan oleh para mahasiswa dari berbagai fakultas. Dari kuota tersebut dibagi menjadi 3 (tiga) jenis beasiswa yaitu 75 (tujuh puluh lima) beasiswa reguler dan 25 (dua puluh lima) beasiswa vokasi yang masing-masing penerima akan menerima 1 juta rupiah per bulan selama 12 bulan, juga ada beasiswa unggulan sejumlah 30 unit dimana pemenang akan menerima dana pendidikan 1,5 juta per bulan selama 12 bulan.

Empat mahasiswa PSDKU Undip memenangkan beasiswa Bank Indonesia untuk jenis vokasi tahun 2023 ini. Mereka adalah Tsabita Via Sufika, Diva Alifia, Haryati Kurniasih, dan Nurhikmah. “Pada kegiatan GENBI setahun terakhir, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran kebanksentralan, didalamnya juga terkait kebijakan fiskal Indonesia dimana ini sangat relevan dengan keilmuan saya bidang perpajakan,” ungkap Tsabita mahasiswa D3 Administrasi Pajak PSDKU Batang yang memenangkan beasiswa BI untuk kedua kalinya di tahun 2023 ini. Tsabita saat ini tengah memperebutkan kesempatan magang di Bank Indonesia dengan modal capaian-capaian prestasinya termasuk penerima beasiswa BI dan GENBI serta prestasi-prestasi lainnya.

Ropinov Saputro, salah satu dosen PSDKU Undip sekaligus pembina peserta beasiswa mengatakan, “Proses seleksi beasiswa yang bergengsi seperti beasiswa BI membentuk kebudayaan berprestasi di kalangan mahasiswa, mengumpulkannya dalam portofolio dan mempresentasikannya untuk hal-hal kompetitif seperti seleksi beasiswa. Beasiswa BI ini memberikan dana 1 hingga 1,5 juta rupiah per mahasiswa/bulan dan akan menambah besar peluang memenangkannya lagi tahun depan”.

Kedepannya diharapkan semakin banyak mahasiswa Undip yang tertarik dalam budaya prestasi sejak tingkat program studi mulai awal masuk kuliah. Tentu keberhasilan besar tidak bisa langsung diraih. Namun dengan banyaknya pengalaman dan kerja keras, serta pertumbuhan portofolionya, secara bertahap mahasiswa dapat meraih prestasi gemilang. Salah satu contohnya adalah beasiswa BI ini dimana dana per tahun yang didapat cukup besar, dan rasanya seperti berkuliah gratis karena setelah membayar UKT selama 1 tahun mahasiswa masih mendapatkan sisa dana beasiswa. Yuk, ikut seleksi beasiswa BI!

Share this :