Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) telah berkerja sama dengan Griffith University Australia selama 10 tahun terakhir. Kerja sama ini meliputi beragam aktivitas, seperti joint research, joint publication, dan visiting professor, dengan berbagai sumber pendanaan. Misalnya kegiatan World Class Professor 2017 dan Adjunct Professor 2022 didanai oleh World Class University (WCU) Undip. Kolaborasi riset dan publikasi ilmiah 2018 didanai Riset Publikasi Internasional LPPM Undip, di tahun 2019 oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikbud, di tahun 2021 didanai oleh Program Penelitian Kolaborasi Indonesia (PPKI) Kemendikbudristek, dan 2023 oleh Riset Publikasi Internasional LPPM Undip. World Class Professor 2018 didanai Kemenristekdikbud dan 2022 oleh Kemendikbudristek. Dari beragam skema kolaborasi tersebut, telah dihasilkan beragam artikel jurnal internasional terindeks Scopus di area career development. Selain itu, telah pula dilaksanakan beragam kegiatan, baik di Undip maupun Griffith University, seperti kuliah dosen tamu, workshop, dan peer mentoring.

Rangkaian kolaborasi yang telah terjalin tersebut berlanjut dengan undangan kepada Prof. Dian Ratna Sawitri sebagai adjunct professor di Griffith University untuk periode 2022 – 2025. Untuk memenuhi perannya, Prof. Dian Ratna Sawitri melakukan kunjungan 17 – 23 April 2023 ke Australia. Kedatangannya di School of Applied Psychology, Griffith University, diterima oleh Head of School, Prof. David Neumann dan Dean of Learning & Teaching (Griffith Health), Prof. Michelle Hood. Prof. David Neumann dan Prof. Michelle Hood mengatakan bahwa kolabroasi yang telah terjalin antara School of Applied Psychology dan Fakultas Psikologi Undip diharapkan terus berjalan, dan jumlah area kolaborasi yang dilakukan dapat bertambah. Hal ini disambut baik oleh Prof. Dian Ratna Sawitri, yang mengemukakan bahwa bertambahnya jejaring dapat memperluas area kolaborasi, sehingga sustainability kerja sama menjadi terjaga. Misalnya, dalam the 4th International Conference on Psychological Studies (IC-PSYCHE) 2023 ini, Fakultas Psikologi Undip melibatkan Prof. Melanie Zimmer-Gembeck sebagai salah satu keynote speaker.

Dalam kunjungannya ke Griffith University, secara spesifik Prof. Dian Ratna Sawitri melakukan fine-tuning publikasi ilmiah internasional bersama Prof. Peter Creed, Prof. Michelle Hood, dan research meeting dengan beberapa PhD student yang menggeluti area career development.

Kunjungan Prof. Dian Ratna Sawitri ke Griffith University dilanjutkan dengan inisiasi kerja sama dengan James Cook University. Kedatangan Dekan Fakultas Psikologi Undip ini di Douglass Campus, Townsville, diterima oleh Head of Professional Program, Graduate Certificate in Career Development, Dr. Natalia Veles. Inisiasi kerja sama tersebut dihadiri oleh Dr. Natalia Veles, Dr. Sujin Kim, Dr. Ben Archer, dan Dr. Elizabeth Knight untuk merumuskan area kolaborasi potensial dan finalisasi Implementation of Agreement.

Kedepan, diharapkan Fakultas Psikologi Undip terus melebarkan jejaring ke universitas lain di Australia dalam rangka menguatkan jejaring internasionalnya dalam mendukung UndipP sebagai world class university.

Share this :