, ,

Layanan untuk Kenyamanan dan Keamanan Peserta UTBK-SNBT 2023 di UNDIP

Mulai Senin (8/5/2023), UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes) digelar serentak di semua perguruan tinggi negeri pusat UTBK di seluruh Indonesia. Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 diselenggarakan dalam 2 tahap. Tahap pertama mulai 8-14 Mei 2023, dilanjutkan tahap kedua pada 22-25 Mei 2023. Dalam satu hari terbagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pagi mulai jam 06.45-10.30 wib dan siang mulai jam 12.30-16.15 wib. Undip menyediakan 59 ruang ujian yang berlokasi di kampus Undip Tembalang dan Pleburan.

Dr. Paramita Prananingtyas, S.H., LLM selaku Korpel Pusat UTBK Undip menyampaikan total jumlah peserta yang mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Pusat UTBK Undip sebanyak 25.522 peserta. Seperti pelaksanaan UTBK hari pertama, pelaksanaan UTBK hari kedua pun berjalan dengan tertib dan lancar. “Pada hari kedua pelaksanaan UTBK di Undip berjalan tertib, lancar dan aman. Terhitung 1.163 peserta atau 94,94% hadir pada sesi 3 (pagi) dan 1.183 atau 96.57% peserta hadir pada sesi 4 (siang),” jelas bu Mita dalam keterangannya pada Selasa (9/5/2023). Lebih lanjut disampaikan bahwa para peserta tidak mendapatkan banyak kendala mencari lokasi ujian karena sudah mendapatkan informasi di Web Pusat UTBK pada link: https://utbk.undip.ac.id/lokasi-utbk/.

“Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada para peserta UTBK, Universitas Diponegoro telah melakukan persiapan, termasuk kelengkapan fasilitas dan ruang yang digunakan,” imbuhnya. Lebih lanjut, selaku Koordinator Pelaksana, ia menerangkan persiapan yang telah dilakukan untuk melaksanakan UTBK-SNBT 2023, yakni menyiapkan 1.225 komputer yang terbagi di kampus Undip Pleburan dan kampus Undip Tembalang. Dalam penggunaan komputer, Universitas Diponegoro tidak bekerjasama dengan pihak ketiga. Semua ruangan yang digunakan untuk UTBK nyaman dan ber-AC serta dapat diakses untuk peserta difable. Akses menuju ruangan juga sangat mudah mengingat Universitas Diponegoro juga memfasiltasi informasi pelaksanaan di Undip melalui https://utbk.undip.ac.id/. Undip juga menyediakan tempat yang nyaman bagi peserta untuk transit atau menunggu jadwal tes. Sebelum masuk para peserta juga diwajibkan melalui pengamanan metal detector, sesuai prosedur keamanan yang ditetapkan oleh Panitia Pusat. Segala hal yang berhubungan dengan kelancaran proses tes sudah dipersiapkan secara matang, termasuk workshop bagi pengawas dan petugas keamanan, serta rapat koordinasi yang diselenggarakan secara berkala oleh Panitia UTBK Undip. (Ut-Humas)

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait