Site icon Universitas Diponegoro

Cerita Peserta UTBK SNBT 2023 di Universitas Diponegoro

Beberapa peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) Universitas Diponegoro membagikan  cerita menariknya saat mengikuti tes di UTBK SNBT.

Annisa Yumna, lulusan SMA Negeri 6 Semarang mengaku masih berdebar-debar setelah melewati ujian pada hari pertama, Senin (8/5) di Fakultas Sains dan Matematika Undip. Annisa mengaku masih berdebar-debar setelah melewati ujian pada hari pertama.

“Perasaannya masih deg-degan, yang pasti sudah berusaha dan berdoa semoga lolos. Setiap orang pasti menginginkan diterima di Undip yang merupakan kampus terbaik dan terfavorit di Jawa tengah,” ucap Annisa.

Ia mengungkapkan telah mempersiapkan ujian UTBK selama dua bulan. Setelah pelaksanaan UTBK ini, ia berharap dapat diterima menjadi salah satu mahasiswa Undip.

Seperti halnya Annisa, peserta lainnya Fara (Siswa SMA IT Bina Amal) mengatakan pada awal memasuki ruangan merasakan cemas namun setelah melewati ujian merasa lega.

“Sekarang sudah agak plong meskipun awalnya perasaannya campur aduk, tapi Alhamdulillah bisa teratasi dengan baik,” ujar Fara.

Ia menerangkan telah mempersiapkan UTBK sejak bulan November dan dibantu dengan adanya bimbingan belajar dari sekolahnya.

Sementara peserta UTBK SNBT lainnya, Athaya Nugraha mengungkapkan ia memiliki harapan dapat diterima di perguruan tinggi melalui UTBK SNBT di tahun ini.

“Untuk persiapan sejak dua bulan yang lalu, bimbel private, dan membeli juga buku yang mendukung ujian,” ujarnya.

Undip merupakan salah satu universitas besar di Indonesia dalam hal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Program sarjana dan Diploma IV, dilakukan melalui tiga jalur utama yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Ujian Mandiri (UM).

Pelaksanaan UTBK SNBT 2023 di Universitas Diponegoro diikuti sebanyak 25.522 peserta. Adapun jumlah komputer yang digunakan UTBK adalah sebanyak 1.225 komputer, terbagi di kampus Pleburan dan kampus Tembalang. Pelaksanaan UTBK SNBT diselenggarakan dalam 2 tahap. Tahap 1 mulai 8-15 Mei 2023. Sedangkan tahap 2 dilaksanakan pada 22-25 Mei 2023. (LW-Ulfa/Humas)

Sumber berita: IG fsmundip_official

Share this :
Exit mobile version