Site icon Universitas Diponegoro

Sebanyak 25.522 Peserta Ikuti UTBK di Universitas Diponegoro

Sebanyak 25.522 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) di Universitas Diponegoro (Undip). Penerimaan mahasiswa melalui jalur SNBT dilakukan dengan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) secara nasional. Undip melakukan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Program sarjana dan Diploma IV melalui tiga jalur utama. Meliputi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Ujian Mandiri (UM).

“Pelaksanaan UTBK-SNBT dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Tahap I dilaksanakan pada 8-15 Mei 2023. Adapun, Tahap II dilakukan pada tanggal 22-25 Mei 2023,” jelas Korpel Pusat UTBK Undip, Dr. Paramita Prananintyas, S.H., LLM.

Ia melanjutkan, setiap hari tes dilakukan dalam dua sesi pagi dan siang masing-masing dimulai pada jam 07.00 WIB dan 13.00 WIB. Ribuan peserta tersebut, berasal dari seluruh kota/ kabupaten di Jawa Tengah serta beberapa kota dari luar Jawa Tengah.

“Sesuai permintaan panitia pusat, Undip telah menyiapkan untuk 34.300 peserta test UTBK, mengingat yang mendaftar 75,6% sehingga penyelenggaraan tes UTBK tahun 2023 ini hanya 22 sesi (tanggal 25 Mei 2023) dari 28 sesi yang disediakan,” tambahnya.

Disampaikan juga jumlah komputer yang digunakan untuk UTBK adalah sebanyak 1.225 komputer. Terkait lokasi terbagi di kampus Pleburan dan kampus Tembalang. Dalam seleksi mahasiswa baru, Undip tidak bekerjasama dengan pihak ketiga dalam penggunaan komputer ini. Semua ruangan ber-AC dan dapat diakses untuk peserta difable. Akses menuju ruangan juga sangat mudah mengingat Undip juga memfasiltasi informasi pelaksanaan di Undip melalui https://utbk.undip.ac.id/.

Undip juga menyediakan tempat yang nyaman bagi peserta untuk transit atau menunggu jadwal tes. Sebelum masuk para peserta juga diwajibkan melalui pengamanan metal detector. Hal ini sesuai prosedur keamanan ditetapkan oleh panitia pusat.

“Segala hal yang berhubungan dengan kelancaran proses tes sudah dipersiapkan secara matang, termasuk workshop bagi pengawas, workshop bagi keamanan, rapat koordinasi yang diselenggarakan secara berkala oleh Panitia UTBK Undip,” ungkapnya.

Undip juga menyediakan bagi peserta difable. Peserta tersebut dipusatkan di Fakultas Hukum dan peserta tuna netra ditempatkan di Fakultas Ilmu Budaya. Meski demikian, tahun ini tidak ada pesertanya.

Total mahasiswa baru yang diterima tahun ini sebanyak 13.880 terdiri dari 11.820 program sajana dan 2.060 program D IV dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Dari sekian banyak peserta yang akan diterima Undip, jumlah mahasiswa akan diterima melalui jalur UTBK-SNBT adalah 30%. “Sebanyak 4.167 calon mahasiswa dari program Sajana 3.549 dan Diploma IV sebanyak 618,” pungkasnya.

Share this :
Exit mobile version