Site icon Universitas Diponegoro

Eisha Lataruva (Dosen FEB UNDIP), Kaji Peran Interaksi Kolaboratif Antar Generasi untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Keluarga

“Keterlibatan keluarga dalam manajemen dan kepemimpinan paternalistik berpengaruh positif terhadap interaksi kolaboratif antar generasi yang akan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan keluarga. Sedangkan iklim keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap interaksi kolaboratif antar generasi begitu pula dengan pengaruh langsung keterlibatan keluarga dalam manajemen terhadap kinerja perusahaan keluarga,” ungkap Dr. Eisha Lataruva, S.E., M.M., Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Penelitiannya mengumpulkan data dengan cara menyebarkan 200 kuisioner dengan teknik pengambilan sampel bertujuan (Purposive sampling) kepada anggota keluarga yang terlibat dalam manajemen perusahaan pada UMKM Batik skala kecil dan menengah yang dimiliki dan dikelola oleh keluarga di kota Pekalongan Jawa Tengah. Pengujian model dan hipotesis dilaksanakan menggunakan analisis Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.0.

“Tujuan penelitian adalah mengembangkan sebuah konsep baru yaitu Interaksi Kolaboratif Antar generasi yang ditelaah dengan kajian teori yang relevan dan diintegrasikan dengan beberapa variabel dalam membangun model teoritikal dasar dan empiris untuk mengisi kesenjangan penelitian antara keterlibatan keluarga dalam manajemen dan kinerja perusahaan keluarga. Berdasarkan hasil pengujian dari 5 hipotesis yang diajukan, terdapat 3 hipotesis yang dapat diterima. Penelitian ini juga menemukan bahwa interaksi kolaboratif antar generasi terbukti signifikan memediasi hubungan keterlibatan keluarga dalam manajemen dengan kinerja perusahaan keluarga,” terangnya.

“Untuk meningkatkan kinerja perusahaan keluarga, perlu adanya peningkatan interaksi antara anggota keluarga yang terlibat dalam manajemen perusahaan dengan cara menyelaraskan tujuan, meningkatkan hubungan berdasarkan rasa percaya dan niat baik, menyampaikan masalah secara terbuka , bekerja sama untuk memahami masalah dengan  tepat dan saling bertukar informasi /berdiskusi untuk memecahkan masalah,” pungkas  Eisha. (Lin/Nuril-Humas)

Share this :
Exit mobile version