Tim Research of Marine Technology Diponegoro University (RMT Undip) telah siap bersaing dalam kompetisi internasional Monaco Energy Boat Challenge yang akan diselenggarakan pada 03 hingga 09 Juli 2023 di Monaco. Tim RMT Undip telah menyiapkan sebuah kapal bertenaga surya yang diberi nama DIPONEGORO 1.0, dan telah diresmikan 21 Desember lalu. Project Solar Boat DIPONEGORO 1.0 sendiri dimulai sejak 2021 dengan proses desain serta optimasi yang panjang dan baru pada Maret 2022 DIPONEGORO 1.0 mulai ke tahap building dan terus dilakukan proses upgrade dan riset sampai saat ini.

Rico Ade Putra selaku Ketua Tim RMT Undip mengungkapkan bahwa pelepasan dan pengiriman Solar Boat DIPONEGORO 1.0 telah diselenggarakan pada 23 Mei 2023. “Solar Boat DIPONEGORO 1.0 akan ikut serta dalam kompetisi internasional Monaco Energy Boat Challenge. Insyaallah dengan harapan dan doa seluruh pihak kami mengusahakan hasil yang optimal dalam kompetisi tersebut.” ungkap Rico.

Pada acara pelepasan dan pengiriman DIPONEGORO 1.0 itu didukung oleh Pembina Tim RMT Undip, Wakil Rektor III Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., dan civitas academica, serta pihak-pihak yang mendukung riset energi terbarukan. Universitas Diponegoro memiiliki peran penting dalam proyek DIPONEGORO 1.0 melalui dukungan berupa fasilitas yang memadai serta bantuan secara finansial sehingga proses dapat berjalan dengan baik.

Tim RMT Undip pada kompetisi internasional Monaco Energy Boat Challenge merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan akan bersaing dengan 12 Negara lainnya dari seluruh dunia pada bidang Solar Class seperti Belanda, Portugal hingga Amerika Serikat.

Undip telah berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan riset di berbagai bidang, salah satunya melalui Tim RMT Undip. Tim riset ini berfokus pada pengembangan teknologi Energi Baru Terbarukan (EBT) di sektor maritim dengan tujuan mendukung peralihan energi hijau untuk masa depan yang lebih baik.

 

Share this :