Serangkaian kegiatan National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Wilayah 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah sampai pada puncaknya.

Closing ceremony NUDC Tingkat Wilayah 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 yang digelar secara hybrid pada Senin (22/05) ini juga menentukan delegasi LLDIKTI V dan LLDIKTI VI yang lolos ke tahap NUDC Tingkat Nasional serta pemenang tingkat wilayah.

Perwakilan LLDIKTI V (Daerah Istimewa Yogyakarta) yang berhasil lolos ke tahap NUDC Tingkat Nasional antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Teknologi Yogyakarta.

Sedangkan perwakilan LLDIKTI VI (Jawa Tengah), Universitas Diponegoro (Undip) berhasil lolos ke tahap NUDC Tingkat Nasional, bersama dengan Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Pekalongan.

Selain itu, Tim Debat NUDC Undip berhasil meraih penghargaan individu pada kategori Pembicara Terbaik di Tingkat LLDIKTI VI, yakni Mirwanto Paulima Adveliften Sidabutar berhasil meraih peringkat 1 dan Muhammad Kukuh Wahyudi Satriawan meraih peringkat 2. Kemudian pada kategori Pembicara Terbaik di Tingkat Wilayah 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Mirwanto Paulima Adveliften Sidabutar meraih peringkat 3 dan Muhammad Kukuh Wahyudi Satriawan menduduki peringkat 4. Sedangkan pada penghargaan Tim kategori Pembicara Terbaik di Tingkat Wilayah 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Tim Debat NUDC Undip menduduki peringkat 4.

Mewakili Pimpinan, Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D. secara resmi menutup kegiatan NUDC Tingkat Wilayah 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023. Dalam sambutannya, Hanifa menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Undip.

Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D.

“Kami sangat berterima kasih telah diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah NUDC Tingkat Wilayah 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023. Kami juga memohon maaf apabila dalam pelaksanaan NUDC Tingkat Wilayah 3 terdapat kekurangan,” ucapnya.

Hanifa berharap peserta NUDC Tingkat Wilayah 3 yang nantinya lolos ke tingkat nasional dapat menjadi juara nasional. “Kita juga mendoakan wakil dari NUDC Tingkat Wilayah 3 bisa menjadi Juara Nasional. Semoga kita bisa membawa Indonesia makin jaya melalui generasi-generasi muda yang tampil di NUDC,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Ajang Talenta Bidang Seni, Budaya, Literasi, dan Olahraga Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Keri Darwindo, S.Pd., M.A. memberikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas Diponegoro. “Mewakili Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Universitas Diponegoro yang sudah memfasilitasi kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Keri Darwindo.

Koordinator Ajang Talenta Bidang Seni, Budaya, Literasi, dan Olahraga Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Keri Darwindo, S.Pd., M.A.

Keri menambahkan bahwa Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) akan terus bahu membahu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengapresiasikan minat dan bakat mereka di 3 bidang utama yaitu Sains dan Inovasi, Seni Budaya, dan Olahraga. “Tidak kurang dari 18 ajang talenta tahun ini yang nanti akan kita laksanakan dan NUDC merupakan ajang pertama lomba tingkat mahasiswa nasional yang akan kita laksanakan dari tanggal 5 hingga 12 Juni 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten,” imbuhnya.

Keri berharap dengan digelarnya kompetisi NUDC ini dapat memunculkan nilai-nilai karakteristik mahasiswa yang nantinya akan berguna dalam meraih prestasi di akademik dan non akademik.

 

Share this :