Fakultas Teknik menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Acara penandatanganan naskah kerja sama dilaksanakan di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt. 5., Rabu (31/5).

Dalam acara ini, turut hadir Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., serta Senior Manager untuk Eksplorasi Aset di Wilayah Timur PT PHE, Arie Naskawan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan hasil dari upaya kerja sama yang sebelumnya sudah berjalan antara Teknik Geologi Undip dengan pihak PT PHE, di mana Teknik Geologi Undip mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian terkait pengembangan blok tambang migas baru di Tarakan dan Kutai. Perjanjian kerja sama ini ditujukan sebagai upaya legalisasi kerja sama yang tidak hanya meliputi penelitian saja, namun juga bidang yang lain seperti kerja sama pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., menyambut baik adanya kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini sejalan dengan visi dan misi Fakultas Teknik Undip sebagai kampus unggul berbasis riset berstandar internasional. Sebagai perusahaan berskala internasional, PT PHE merupakan salah satu mitra unggulan yang bekerja sama dengan Fakultas Teknik. “Penandatanganan kerja sama ini sudah sesuai dengan visi dan misi kita sebagai kampus unggul berbasis riset dan berstandar internasional. Sebagai perusahaan internasional, PT PHE menjadi mitra yang cocok dengan kami,” ucap Prof. Agung.

Beliau berharap, kerja sama antara PT PHE dengan Fakultas Teknik Undip tidak hanya berhenti di dalam penelitian terkait pengembangan wilayah pertambangan di Cekungan Tarakan dan Kutai saja, namun juga bisa berlanjut ke arah yang lain, terutama yang berkaitan dengan pendidikan dan kebutuhan dari sivitas akademika Fakultas Teknik, semisal magang melalui MBKM. “Saya berharap kerja sama ini mampu memperkaya pengetahuan dosen, sehingga hasil kerja mereka bagus, ilmunya makin banyak, serta mahasiswanya bisa terbarukan pengetahuannya,” pungkasnya.

Sumber: FT Undip

Share this :