PT Pertamina Hulu Energi (PHE) bekerja sama dengan Fakultas Teknik Undip mengadakan acara lokakarya dan kick-off meeting di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt 5, Rabu (31/5). Acara ini merupakan tindak lanjut dari upaya kerja sama yang terjalin antara PT Pertamina Hulu Energi dengan Fakultas Teknik Undip dalam mengeksplorasi dan mengembangkan potensi dari area pertambangan baru di Cekungan Kutai dan Tarakan.

Dalam acara ini, tim peneliti dari Teknik Geologi Undip yang dipimpin oleh Dr. Ir. Andang Bachtiar, M.Sc. mempresentasikan hasil temuan mereka di hadapan tim dari PT PHE. Direktur Eksplorasi PT PHE, Muharram Jaya Panguriseng, mengungkapkan bahwa lokakarya ini bermanfaat bagi pengembangan wilayah pertambangan baru yang masih belum banyak tergali di beberapa daerah di Indonesia, di mana salah satunya adalah di blok Tarakan dan Kutai. Menurutnya, eksplorasi migas menjadi penting karena migas merupakan sektor utama yang harus segera dipenuhi, sehingga pertemuan dengan institusi pendidikan menjadi penting sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, “Kebutuhan energi nasional harus segera terpenuhi, sehingga eksplorasi sumber pertambangan migas baru ini menjadi penting,” ujarnya.

Upaya dari PT PHE untuk menggandeng pihak Fakultas Teknik Undip dalam meneliti Cekungan Tarakan dan Kutai ini disambut baik oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D. Ia berterima kasih kepada pihak PT PHE karena telah mengajak Teknik Geologi Undip sebagai mitra utama dalam proyek ini. Sebagai salah satu jurusan Teknik Geologi ternama di Indonesia, kualitas dari Teknik Geologi Undip sudah sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan studi dari PT PHE. “Teknik Geologi sudah mendapatkan akreditasi A dan Internasional, sehingga jangan ragu untuk bekerja sama dengan kami,” ucapnya.

Dalam lokakarya dan kick-off meeting ini, tim Teknik Geologi Undip menyampaikan hasil temuan mereka yang diberi judul “Kutai & Tarakan Basin Petroleum Geology Insight and New Opportunity”. Prof. Agung berharap, acara ini bisa memberikan manfaat bagi sivitas akademika Fakultas Teknik serta bisa menjadi awal dari kerja sama yang lebih jauh antara pihak industri dengan Fakultas Teknik ke depannya. “Terima kasih atas kerja sama ini. Semoga bermanfaat, dan semoga selalu diberkahi oleh Tuhan,” katanya.

Sumber: FT Undip

Share this :