, ,

Bakal Calon Rektor UNDIP Masa Jabatan 2024-2029 Paparkan Rencana Program Kerja

Empat kandidat Bakal Calon Rektor Universitas Diponegoro menyampaikan paparan pada Pemaparan Rencana Program Kerja Bakal Calon Rektor Undip masa jabatan 2024-2029 yang digelar Kamis (8/6/2023) bertempat di Gedung Prof. Sudarto,SH, kampus Undip Tembalang. Hadir dalam acara ini Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Profesor, para Wakil Rektor, para Dekan beserta Wakil Dekan Fakultas/Sekolah, para pimpinan di lingkungan Undip, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, tokoh masyarakat, serta para pemangku kepentingan yang lain.

Keempat Bakal Calon Rektor Undip yakni Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc. (Fakultas Teknik); Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. (Fakultas Ekonomika dan Bisnis); Prof. dr. Muhamad Thohar Arifin, Ph.D., PA., Sp.BS (K). (Fakultas Kedokteran); dan Prof. Budi Setiyono, S.Sos, M.Pol.Admin, Ph.D. (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pemilihan Rektor Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., P.hD., IPU mengatakan bahwa agenda tersebut merupakan wadah bagi para calon pemimpin Undip mensosialisasikan visi, misi, dan program kerja untuk membangun Undip pada periode kepemimpinan selanjutnya.

Dalam paparannya Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D menyampaikan pemikiran dan gagasan tentang Undip menuju Go Global  dan Good Governance yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Undip sebagai Universitas riset kelas dunia, diantaranya : (1) Meningkatkan jejaring luar negeri; (2) Produktivitas riset dan inovasi; (3) Tata kelola yang terikat dengan penjaminan mutu, sehingga meningkatkan daya saing institusi dan meningkatkan kemandirian.

Sementara Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. menyampaikan pemikiran dan gagasan, bahwa Undip dengan kredo excellent research university harus menjadi solusi bagi persoalan masyarakat dan bangsa, berkontribusi untuk menurunkan tingkat kemiskinan, kepastian hukum, menyuarakan keadilan ekonomi dan ikut menyelesaikan persoalan sosial lainnya. Selain itu kampus harus menjadi tempat yang open minded, garda paling depan sebagai benteng NKRI, mencari sumber-sumber pendanaan baru, serta pembinaan mahasiswa juga bersifat dialogis.

Adapun Prof. dr. Muhamad Thohar Arifin, Ph.D, PA, Sp.BS (K) menyampaikan pemikiran dan gagasan terkait Penguatan dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Pendidikan Tinggi melalui inovasi berbasis digitalisasi guna menciptakan akselerasi peran, fungsi, dan kontribusi bagi negeri dan bagi persaingan di tingkat dunia dalam era industri 4.0 dan menyongsong era society 5.0. Selain itu bahwa kepemimpinan universitas saat ini perlu mengadopsi tatanan baru untuk menuju universitas unggul, mampu menganalisis sejumlah besar digital initiative, mengelola percepatan siklus inovasi.

Sedangkan Prof. Budi Setiyono, S.Sos, M.Pol.Admin, Ph.D. menyampaikan pemikiran dan gagasan Undip sebagai Incorporate University berkelas dunia. Selain itu disampaikan pula visi Undip menjadi universitas nasionalis religius berkelas dunia yang toleran dan transformatif melalui kreativitas dan inovasi berkelanjutan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, dan kewirausahaan. Universitas merupakan suatu sistem yang mengkoordinasikan untuk proses pendidikan; financial management; research and innovation; graduates career system; public/community service; alumni, private, government & international collaboration, business and RGU.

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait