(Semarang, 8 Juni 2023) Tim Robotika Universitas Diponegoro – Tim Bandhayudha berhasil  meraih penghargaan sebagai juara ke-3 pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 tingkat regional II yang diselenggarakan pada 28 Mei – 3 Juni 2023 secara daring. Adapun 7 divisi yang dilombakan dalam Kontes Robot Indonesia 2023 meliputi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KKRTMI, dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Tim Robotika Universitas Diponegoro adalah Juara 3 pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Tim Bandhayudha sebagai perwakilan pada divisi KRAI Undip merupakan tim lintas bidang ilmu, diketuai oleh Miftahul Anwar (Teknik Mesin), serta beranggotakan Sirojudin Munir, Brian Fari Firmansyah, Amalia Inana Kesuma Putri, Bima Arya Wichaksana, Muhammad Faizul Kirom, Haya Zahwa Aqilah, Sindi Octavia, Muhammad Daffa Radithya Widodo, Nindya Puspita Hapsari, Layaalin Mutmainah (Teknik Elektro), Rahmat Ginanto, Fatih Al Hakim, Aufa Rofiqi Abdillah, Mochamad Rizqy (Teknik Mesin), Muhammad Sulthon Auliya (Teknik Komputer), dan Hafidh Shafriyan Pamilih (D4 Rekayasa Perancangan Mekanik).

Ketua Tim Bandhayudha Undip – Miftahul Anwar menyampaikan bahwa tim Bandhayudha Undip telah mempersiapkan konsep serta desain yang matang untuk robotnya semenjak 5 bulan sebelumnya. Tim Bandhayudha Undip sendiri telah melalui banyak proses dari mulai meriset mekanisme pengambil, pelempar, pengendalian pergerakan robot, dan lain-lain sebelum melaksanakan perlombaan. Lebih lanjut, Miftahul Anwar menambahkan bahwa tantangan terbesar Tim Bandhayudha selama kompetisi adalah harus membuat dua jenis robot dengan konfigurasi yang berbeda, yaitu Rabbit Robot dan Elephant Robot yang harus mampu memasukkan lingkaran gelang-gelang ke tiang-tiang yang dituju, sesuai aturan pada ABU Robocon 2023 Internasional sebagai acuan bagi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Tantangannya adalah secepat dan sebanyak mungkin memasukkan lingkaran gelang, sehingga perlu sering melakukan kalibrasi dan uji-coba untuk mengambil serta melemparkan lingkaran gelang secara akurat.

Melanjutkan ke ajang nasional, Tim Robotika Undip optimistis serta berupaya meningkatkan performa robot berdasarkan hasil evaluasi dari KRI Wilayah II ini. ”Untuk itu kami akan berusaha lebih giat lagi untuk meningkatkan akurasi, presisi, serta kecepatan robot dalam menyelesaikan misi, harapannya kami bisa menjadi juara pada KRI Nasional, serta mewakili Indonesia pada ajang ABU Robocon 2023 di Phnom Penh, Cambodia,” terangnya.

Dengan keberhasilan yang diraih pada KRI Wilayah II 2023 ini, Tim Robotika Universitas Diponegoro berhak untuk berlaga dalam ajang KRI 2023 tingkat nasional yang akan diselenggarakan secara luring di Universitas Semarang (USM) pada tanggal 21 – 26 Juni 2023 mendatang. Terakhir, Miftahul Anwar selaku ketua tim mengaku senang atas pencapaian yang telah diraih, berharap tim robotika Undip bisa mendapatkan prestasi terbaik di KRI 2023 tingkat nasional mendatang.

Pada gelaran KRI Tingkat Nasional 2023 mendatang, selain tim Bandhayudha, 3 divisi KRI Undip yang lain juga akan berlaga, yaitu Tim Andromeda pada divisi KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia), Tim Bascorro pada divisi KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) Humanoid, serta Tim Barracuda pada divisi KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) Beroda. Semoga sukses untuk seluruh tim robotika UNDIP pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023, semoga berhasil meraih prestasi terbaik!

Share this :