, ,

Delegasi UNDIP Mengikuti Acara The 9th International Workshop on UI Greenmetric World University Rankings “Innovation, Impacts and Future Direction of Sustainable Universities” 16-17 June 2023 University of Minho, Portugal

International Workshop tahunan ini dihadiri oleh delegasi dari 70 Universitas di dunia dari 30 negara. Acara dibuka oleh Prof. Rui Vieira de Castro, Rector, Universidade do Minho, Portugal yang merupakan penyelenggara kegiatan ini serta Prof. Riri Fitri Sari, Chairperson, UI GreenMetric World University Rankings. Keynote Speeches disampaikan oleh Dr. Ricardo Rio, Mayor of Braga, Portugal yang menyampaikan bagaimana sistem management di Kota Braga Portugal dalam mengelola kota sebagai kota yang berkelanjutan.

Kegiatan International Workshop tersebut dilanjutkan dengan sesi paralel yang dibagi menjadi 3 sesi dalam dua ruang dimana masing-masing representatif dari berbagai Universitas mempresentasikan program dan praktik-praktik baik yang dilaksanakan di Universitas masing-masing pada berbagai aspek yaitu Innovation, Impacts and Future Direction of Sustainable Universities in Managing 1) Setting and Infrastructure; 2) Energy and Climate Change; 3) Waste; 4) Water; 5) Transportation; 6) Education and Research.

Ket. Foto: Delegasi Undip, Prof Ambariyanto Prof Denny Nugroho Sugianto, dan Dessy Ariyanti, PhD mengikuti The 9th International Workshop on UI Greenmetric World University Rankings di University Of Minho Portugal, 16-17 Juni 2023

Pada workshop ini delegasi dari Undip yang terdiri dari Prof Ambariyanto Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kerjasama, Prof Denny Nugroho Sugianto, Kepala Kantor Pemeringkatan dan Dessy Ariyanti, Ph.D. selaku managing editor Journal of Sustainability Perspective menyampaikan presentasi yang berjudul Mangrove Conservation and Biodiversity Protection Strategies in Universitas Diponegoro to Achieve Net Zero Emission.

Dalam paparan, disampaikan bahwa komitmen Undip, dalam upaya penanganan dampak perubahan iklim melalui pengembangan setting and infrastructure dengan program konservasi mangrove dan perlindungan biodiversitas. Selain itu disampaikan pula beberapa program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh dosen maupun mahasiswa Undip seperti penanaman, monitoring mangrove dan biodiversitas, penelitian dan pengabdian masyarakat rehabilitasi mangrove serta pendidikan mengenai pentingnya ekosistem dalam penyimpanan stok karbon sebagai konsekuensi emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas sehari hari.

Dalam workshop ini didapatkan beberapa prospek inisiasi kerjasama untuk meningkatkan visibilitas Undip seperti Bukhara State University, Uzbekistan, National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan, Ain Shams University, Egypt dan Mahidol University, Thailand.

Ket. Foto: Salah satu delegasi Undip, Dessy Ariyanti, Ph.D., menyampaikan paparan di acara The 9th International Workshop on UI Greenmetric World University Rankings di University Of Minho Portugal, 16 Juni 2023

 

Share this :

Category

Arsip

Related News