, , ,

UNDIP Jalin Kerja Sama dengan Korea-Indonesia MTCRC

Universitas Diponegoro (Undip) menjalin kerja sama dengan Korea-Indonesia Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC). Kerja sama ini meliputi kerja sama di bidang akademik dan penelitian.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Undip yang diwakili oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., dengan Korea-Indonesia MTCRC yang diwakili oleh Dr. Hansan Park dan Ivonne Milichristi Radjawane, Ph.D. pada Jum’at, tanggal 14 Juli 2023 pukul 09.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Rektor Lantai 2 Gedung Widya Puraya Kampus Undip Tembalang.

Acara dihadiri oleh Rektor Undip, Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor, Dekan Fakultas/Sekolah, segenap jajaran Pimpinan di lingkungan Undip, Direktur Korea MTCRC, Direktur Indonesia MTCRC, dan Perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyambut baik atas kerja sama yang telah terjalin dengan Korea-Indonesia MTCRC. Undip sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia memiliki visi menjadi Universitas Riset yang Unggul. “Undip menaruh perhatian besar untuk meningkatkan jumlah penelitian ilmiah di bidang tertentu untuk mencapai tujuan menjadi Universitas Riset Unggulan Kelas Dunia,” ucap Prof. Yos.

Dengan terjalinnya kerja sama dengan Korea-Indonesia MTCRC akan mendorong lebih banyak kolaborasi internasional dan sejalan dengan visi Universitas. Kerja sama tersebut meliputi kerja sama pendidikan dan penelitian. “Kerja sama meliputi bidang pertukaran dosen dan staf dalam rangka memajukan penelitian ilmiah, pelaksanaan penelitian bersama, seminar, konferensi, program beasiswa dan pelatihan, serta berkontribusi dalam pengembangan kedua institusi,” jelas Prof Yos.

“Banyak kegiatan yang dihasilkan dari kerja sama tersebut terutama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Namun, kita masih perlu memperluas bidang kerja sama dengan fakultas lain untuk mempererat kerja sama kita,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Korea dari Korea-Indonesia MTCRC Dr. Hansan Park tampak antusias dan mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang terjalin dengan Undip.

Dr. Hansan Park mengungkapkan kerja sama antara Undip dengan Korea-Indonesia MTCRC akan memajukan sektor kelautan Indonesia melalui pengembangan ilmiah dan akademik. Dalam kerja sama ini akan meliputi beberapa bidang, antara lain Marine Science and Fisheries, Oceanography, Earth Sciences, Marine and Coastal Hazard, Remote Sensing, Geospatial Information, Marine and Coastal Environment Issue, dan Smart Aquaculture.

Undip yang terletak di tengah pulau Jawa menjadikan sebagai Universitas yang strategis, khususnya dalam pengembangan potensi bahari. Selain itu, Undip juga aktif melakukan kegiatan di wilayah pesisir seperti di Jepara dan pulau Karimunjawa.

Undip telah dikenal memiliki reputasi akademik yang kuat dan memiliki rekam jejak dalam menghasilkan alumni berkualitas yang telah memberikan kontribusi besar di berbagai bidang. “MTCRC saat ini memiliki 25 orang staf, 5 diantaranya merupakan alumni Undip atau 20% staf MTCRC berasal dari Undip. MTCRC juga memiliki Dewan Penasehat, kami memiliki 5 anggota Dewan Penasehat, salah satunya juga alumni Undip, Prof. Widodo Setiyo Pranowo dari Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN). Representasi penting dari Undip ini semakin memperkuat keyakinan kami bahwa bekerja sama dengan Universitas akan membawa manfaat besar dalam memajukan sektor Maritim Indonesia,” terang Dr. Hansan Park.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Indonesia dari Korea-Indonesia MTCRC Ivonne Milichristi Radjawane, Ph.D. berharap kerja sama yang telah terjalin dapat berdampak positif, khususnya di daerah maritim. “MoU ini melambangkan komitmen kita bersama untuk membangun masa depan yang sejahtera di daerah maritim, dan saya yakin upaya bersama kita akan membuahkan hasil yang baik,” pungkasnya.

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait