Tim Mahasiswa Statistika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (FSM Undip) menorehkan prestasi bergengsi di tingkat nasional. Kali ini tim mahasiswa Statistika FSM Undip berhasil meraih juara 1 (satu) pada ajang Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) tahun 2023 kategori lomba Statistics Essay Competition (SEC) yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang pada 20-24 Agustus 2023.

Predikat juara 1 (satu) lomba Statistics Essay Competition (SEC) diraih oleh tim yang terdiri dari Muhammad Ayesha Arif Sandy (Ketua), Agung Ragil Sampurna (Anggota) dan Devy Kusuma Putri (Anggota). Selain itu, tim Statistika FSM Undip yang terdiri dari Samuel Theodore, Lie (Ketua), Syair Dafiq Faizur Rachman (Anggota), dan Apri Dwi Rachmadi (Anggota) berhasil masuk 12 besar nasional pada lomba Big Data Challenge (BDC).

Satria Data 2023 terdiri dari 4 (empat) kategori lomba, yaitu National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographics Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC). Undip mengirimkan sebanyak 171 mahasiswa untuk mengikuti 4 (empat) bidang lomba, antara lain 12 peserta NSC, 19 tim SEC (1 tim terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota), 20 tim SIC (1 tim terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota), dan 14 tim BDC (1 tim terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota).

Dr. Di Asih I Maruddani, S.Si., M.Si. selaku PIC tim Statistika FSM Undip mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih. “Kemenangan ini harus menjadi kekuatan untuk memperbaiki terus persiapan dan proses, agar di tahun mendatang tetap dapat mempertahankan prestasi. Bahkan saya berharap bisa membawa tim finalis lebih banyak lagi dan meraih juara di bidang lomba yang lain,” ungkapnya.

Dr. Di Asih I Maruddani mengungkapkan bahwa mahasiswa yang mengikuti Satria Data 2023 merupakan mahasiswa dengan talenta-talenta terbaik dari Departemen Statistika FSM Undip sesuai minat dan kemampuan masing-masing. “Kami memberikan pembekalan dan juga menyelenggarakan seminar lomba dengan menghadirkan dosen tamu dari IPB University yang merupakan juara umum Satria Data 2022, yaitu Dr. Bagus Sartono, M.Si. untuk memberikan tips dan trik dari masing-masing bidang lomba. Pendampingan secara intensif juga dilakukan oleh dosen pembimbing maupun mengundang dosen yang berkompeten,” tuturnya.

Pada Satria Data 2023, tim Statistika FSM Undip dibimbing oleh beberapa dosen yang berkompeten, antara lain Dr. Di Asih I Maruddani, S.Si., M.Si. (PIC), Deby Fakhriyana, S.Si., M.Stat. (dosen pendamping lomba NSC), Arief Rachman Hakim, S.Si., M.Si. (dosen pembimbing lomba SEC), Iut Tri Utami, S.Si., M.Si. (dosen pembimbing lomba SIC), dan Puspita Kartikasari, S.Si., M.Si. (dosen pembimbing lomba BDC).

Sebelumnya, tim Statistika FSM Undip pada Satria Data 2021 berhasil meraih juara 3 (tiga) untuk lomba SIC. Selain itu mahasiswa Departemen Statistika FSM Undip juga berhasil menyabet juara 3 (tiga) Olimpiade Statistika Nasional Statfest di UGM tahun 2023. Kedepannya, tim Statistika FSM Undip akan mengikuti berbagai kompetisi. “Kami berencana mengikuti ajang lomba Rasio Padjadjaran Statistics Olympiad (RASIO), Statistics Explore 2023 di Universitas Syiah Kuala Aceh dan Dokter Data Universitas Diponegoro,” ungkapnya.

“Kami meyakini bahwa talenta-talenta Departemen Statistika FSM Undip mampu bersaing di level nasional maupun internasional. Tugas kami sebagai pembimbing untuk menemukan dan mengasah passion serta talenta mereka. Bimbingan dan arahan secara continue akan membuat mereka mengenali dan mempertajam kemampuan masing-masing,” jelasnya.

Satria Data 2023 diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui unit pelaksana teknis Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Kegiatan yang berlangsung secara hybrid dengan host Universitas Brawijaya ini mengusung tema “Innovating with Data: Merdeka Menginspirasi, Menciptakan Solusi, dan Membangun Negeri”. Satria Data 2023 merupakan kegiatan yang berskala nasional yang terdiri dari 3 (tiga) kelompok kegiatan, yaitu Pengembangan Wawasan, Kegiatan Lomba, dan Credit Earning. (Dhany/Nadella-Humas)

Share this :