, ,

UNDIP Sukses Gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2023

Universitas Diponegoro sukses menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) Tingkat Universitas Diponegoro Tahun 2023. Acara yang mengusung tema “Bumikan Al-qur’an, Bangun Peradaban” ini digelar pada Sabtu, 09 September 2023 pukul 08.30 WIB bertempat di Aula Lantai 3 Dekanat Fisip Kampus Undip Tembalang.

Turut Hadir Rektor Undip, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dekan Fisip, Para Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas dan Sekolah, Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, segenap pimpinan di lingkungan Undip, Dewan Hakim MTQM Undip 2023, dan Peserta MTQM Undip 2023.

Mewakili Rektor Undip, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. secara resmi membuka acara MTQM Undip 2023. Dalam sambutannya, Prof Faisal menyebutkan bahwa tujuan kegiatan MTQM Undip 2023 ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan dan semangat bagi mahasiswa dan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. saat memberikan sambutan pada MTQM Undip 2023.

“Kegiatan MTQM Undip 2023 tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas ceremonial saja, tetapi dapat menjadi momentum yang strategis dalam mewarnai pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat di kehidupan sehari-hari dalam nilai-nilai Al-qur’an,” ungkap Prof Faisal.

Selain itu, kegiatan MTQM Undip 2023 juga sebagai pemilihan delegasi terbaik Undip yang akan mewakili Undip pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional XVII 2023 yang akan diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang pada 03-10 November 2023. “Semoga delegasi MTQM Undip 2023 ini mendapatkan prestasi yang terbaik dalam MTQM tingkat nasional,” ucap Prof Faisal.

Dalam laporannya, PIC MTQM Undip 2023 Nur Fauzan Ahmad S.S., M.A. menjelaskan bahwa kegiatan MTQM Undip 2023 diikuti sebanyak 215 orang yang terbagi menjadi 151 tim. Kegiatan MTQM Undip 2023 memperlombakan 18 cabang musabaqah, antara lain ialah Tilawatil Qur’an Putra dan Putri; Tartil Al-qur’an Putra dan Putri; Hifzhil Qur’an 10 Juz putra dan putri; Hifzhil Qur’an 20 juz putra dan putri; Hifzhil Qur’an 30 juz putra dan putri; Fahmil Qur’an; Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an; Khattil Qur’an golongan Dekorasi dan Kontemporer; Musabaqah Maulid Nabi; Debat Kandungan Al-qur’an Bahasa Arab; Debat Kandungan Al-qur’an Bahasa Inggris; Syarhil Qur’an; dan Qiraah Sab’ah.

Kegiatan MTQM Undip 2023 merupakan salah satu persiapan yang dilakukan Undip untuk menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional XVII 2023 yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang pada 03-10 November 2023 mendatang. Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa merupakan ajang dua tahun sekali yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek dalam upaya pengembangan talenta mahasiswa dibidang Musabaqah Tilawatil Qur’an. (Dhany/Richal/Bagas/Diyah – Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News