Universitas Diponegoro

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan, UPT Perpustakaan dan UNDIP Press Gelar Donor Darah dan Lomba

UPT Perpustakaan dan Undip Press sukses menggelar kegiatan sosial dan berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di lantai 1 Gedung Perpustakaan kampus Undip Tembalang.

Acara yang dihadiri Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis, Kepala Biro Komunikasi dan Bisnis, Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press, dan Kepala UPT Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan ini diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti podcast bersama Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis, donor darah, penampilan Diponegoro Orchestra, lomba berbusana batik, lomba foto, dan menyediakan 100 gelas kopi gratis.

Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. secara resmi membuka acara Hari Kunjung Perpustakaan. Dalam sambutannya Prof. Budi mengungkapkan bahwa perpustakaan menjadi salah satu aspek penting dalam peningkatan mutu pendidikan suatu perguruan tinggi.

Peningkatan mutu dan layanan perpustakaan juga menjadi salah satu hal yang penting untuk memenuhi standar akreditasi nasional dan internasional. “Apa yang kita lakukan pada hari ini adalah sebuah relevansi dari mewujudkan perpustakaan yang ideal, yang bisa diakses oleh seluruh mahasiswa Universitas Diponegoro,” kata Prof Budi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press Suwondo, S.Hum., M.Kom. menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September. Berbagai kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan pelayanan yang tersedia di perpustakaan Undip. “Peserta yang datang diperkirakan sekitar 1000 orang. Kami perkenalkan pelayanan dan inovasi terbaru, baik dari segi aplikasi dan digitalnya, salah satunya seperti layanan klinik tugas akhir yang diperuntukan bagi mahasiswa,” ucap Suwondo.

Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press Suwondo, S.Hum., M.Kom.

Selain itu terdapat berbagai lomba seperti lomba berbusana batik dan lomba foto. “Pada acara ini kami juga ingin melestarikan budaya Indonesia dengan mengadakan lomba peragaan busana batik. Kemudian mengadakan lomba foto untuk mengenalkan tampilan perpustakan Undip yang sudah lebih bagus dan mengenalkan space-space di perpustakaan yang sudah berubah menjadi lebih bagus,” jelasnya.

Selain mengadakan berbagai lomba, acara ini juga mengadakan kegiatan sosial berupa donor darah. “Kami bekerja sama dengan UPT Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan. Kemudian berkoordinasi dengan PMI Provinsi Jawa Tengah. Kami awalnya menyediakan 50 kantong untuk donor darah dan Alhamdulillah saat ini sudah 165 peserta donor darah yang mendaftar dan akan terus bertambah sampai selesainya acara ini. Antusiasme teman-teman sangat luar biasa,” ujar Suwondo.

Lebih lanjut, Suwondo berharap pelayanan di perpustakaan Undip dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa Undip sehingga akan meningkatkan jumlah kunjungan. “Salah satu layanan terbaru kami adalah layanan klinik tugas akhir, semoga dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kami tidak hanya melayani koleksi buku saja, tapi kami juga melayani berbagai pelatihan,” pungkasnya. (Dhany/Nadella-Humas)

Share this :
Exit mobile version