, ,

Tim Jentayu Racing Plane UNDIP Juara Best Pilot Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023

Universitas Diponegoro-Semarang (27/9). Tim Jentayu Racing Plane Universitas Diponegoro berhasil mengukir prestasi dengan meraih Juara Best Pilot pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 22 hingga 27 September 2023. Tuan rumah KRTI 2023 adalah Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dengan lokasi perlombaan berada di Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Lampung.

Penghargaan yang berhasil ditorehkan oleh tim Jentayu Racing Plane Universitas Diponegoro di tahun 2023 ini pada KRTI 2023 adalah Juara 2 tingkat Regional 1 serta penghargaan Best Pilot KRTI 2023 Nasional. Selain itu, pada divisi Racing Plane (RP) Jentayu Racing Plane menempati posisi ke-5 dari 50 Perguruan Tinggi yang menjadi Finalis KRTI 2023. Ketua tim Jentayu Racing Plane, Bobby Ezra Maulana Sadikin, mengungkapkan bahwa ia merasa gembira atas pencapaian ini dan bangga terhadap kinerja seluruh anggota timnya.

“Tanpa kerja tim yang solid kami tidak akan bisa meraih pencapaian ini, seluruh anggota di tim kami memiliki kemampuan teknis yang sangat baik dan semangat yang luar biasa. Kami bukan sekedar tim, kami adalah keluarga,” ungkapnya.

Tim Jentayu Racing Plane sebagai perwakilan Jentayu dari divisi Racing Plane Undip merupakan tim lintas bidang ilmu yang diketuai oleh Bobby Ezra Maulana Sadikin (Teknik Mesin), serta beranggotakan Ananda Hikmawan, Kelvin Gibran Arya Dwiangga, Abid Nanta Legowo (Teknik Elektro), Calvin Mahendra, Naufal Danadyaksa Kurniawan, Bryan Arifianto, Muhamad Aditya Nugraha, Yan Calvin Hanggara, Muhammad Rizqi Aunillah, Muhamad Ulil Ahkam, Faisal Maulana Iqbal (Teknik Mesin).

Pilot dari tim Racing Plane sekaligus ketua tim Jentayu Racing Plane Bobby Ezra menceritakan bahwa persiapan tim dalam mengikuti perlombaan KRTI sangat matang meskipun banyak rintangan dan tantangan selama waktu persiapannya. Memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun untuk merancang dan berinovasi pada wahana, serta setidaknya 6 kali dalam seminggu selama 3  bulan terakhir hingga menjelang perlombaan pada bulan Agustus hanya untuk mengatur strategi dan teknik pendaratan, lalu dilanjutkan persiapan tingkat nasional pada bulan September.

“Selama kurang lebih satu tahun kami berusaha untuk memaksimalkan waktu dalam membuat inovasi di bidang teknologi objek tanpa awak dan mulai merancang wahana dengan sangat teliti. Pagi kuliah, sore mengerjakan tugas, malam riset, dan akhir pekan uji coba terbang. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil dan itu sudah terbukti,” ucap Bobby Ezra.

Tim Jentayu Racing Plane Universitas Diponegoro saat mempersiapkan karya inovatifnya pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023.

Prestasi penghargaan Best Pilot berhasil ditorehkan oleh tim Jentayu Racing Plane karena menerbangkan dan mendaratkan dengan sempurna pesawatnya meskipun dalam kondisi angin yang berubah-ubah dan tidak kondusif di lokasi perlombaan. Berkat inovasi dan semangat Tim Jentayu, serta bimbingan dari Dr. Eng. Munadi, S.T., M.T. (Departemen Teknik Mesin) dan Ir. Hadha Afrisal, S.T., M.Sc., IPP (Departemen Teknik Elektro) selaku dosen pembimbing, serta dukungan penuh tim Undip Robotic Development Center (URDC) yang diketuai oleh Gabriel Julio Armando Siagian sebagai support system dalam hal-hal non-teknis dan administratif, tim Jentayu mampu meraih prestasi yang membanggakan tersebut.

Selain tim Jentayu Racing Plane, tim robot terbang Undip pada cabang divisi KRTI yang lain juga mampu menunjukkan performa yang sangat baik, yaitu Tim Jentayu Copter (divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL)) dan tim Jentayu TD (divisi Technology Development dengan tema Airframe Innovation (TDA)). Muhammad Rohmatullah, Manajer tim Jentayu, mengungkapkan harapannya untuk masa depan Jentayu, “tahun 2021 yang lalu pada ajang KRTI kita membawa pulang 1 prestasi, di ajang KRTI berikutnya yakni pada tahun 2023 ini kita berhasil membawa pulang 2 prestasi. Di tahun-tahun yang akan datang semoga dengan potensi yang besar tim Jentayu ini kita bisa menorehkan prestasi yang jauh lebih baik lagi. Kami mengucapkan terima kasih dan mohon dukungan untuk tim Jentayu Universitas Diponegoro untuk kompetisi KRTI di tahun 2024″.

Selamat dan sukses selalu untuk Tim Jentayu Racing Plane dan Tim KRTI Jentayu Undip!

Share this :

Category

Arsip

Related News