“Empat tahun perjalanan menempuh studi di Universitas Diponegoro adalah seperti menyusuri halaman sebuah peta yang membimbing saya menjelajahi kompleksitas pengetahuan dan dinamika sosial. Sepanjang perjalanan ini, saya tidak hanya mendapatkan bekal ilmu, tetapi juga momen-momen berharga, membangun fondasi relasi yang kuat, dan meraih peluang-peluang baru. Kuliah di Undip bukan hanya persoalan mendapatkan gelar, tetapi sebuah perjalanan penuh warna yang membentuk saya menjadi versi terbaik dari diri sendiri.”

Ungkapan di atas, merupakan kesan dari Wisudawan Terbaik Prodi Ilmu Komunikasi FISIP dengan IPK 3.91, Devina Meidy Fidelia Putri Pangudi. Selama berkuliah di Undip, ia merupakan mahasiswi yang aktif dalam mengikuti beberapa organisasi kampus dan kepemudaan, bahkan ia juga aktif dalam mengikuti perlombaan pada bidang Public Speaking yang kemudian membawanya pada beragam kesempatan dan pengalaman berharga.

Devina merupakan Mahasiswa Berprestasi FISIP pada tahun 2021-2022 yang mendapatkan 4 beasiswa pada Leads Indonesia, Event Hunter Indonesia, Bank Indonesia (GENBI), dan Bintang Mandiri MAI Institute. Selain menjadi mahasiswa berprestasi, ia juga aktif dalam berorganisasi seperti Generasi Baru Indonesia (GenBI) Undip sebagai wakil ketua Public Relation pada 2022 sampai dengan sekarang. Pada tahun 2020, ia menjadi Ketua Diponegoro MUN Society. Devina aktif juga sebagai pembicara yang berbagi tips and trick dalam Public Speaking dan Self-Development. Ia sering diundang menjadi pembicara pada berbagai acara, beberapa diantaranya yaitu pada Youth Leader Summit StudentsxCEO dan Self-Development Session Ruang Peduli by Ruang Guru. Tak hanya itu, ia juga menjadi juara dalam Duta Nasional Mahasiswa Inspiratif Indonesia Kalimantan Selatan dan menjadi Pembicara Terbaik pada 2021. Menjadi Juara 2 National English Speech Competition SAEED, Juara 1 National English Speech Competition SECTION Unsoed pada 2021, dan banyak prestasi lain yang telah ia raih. Disela perkuliahannya, Devina juga menyempatkan diri untuk mengembangkan kemampuannya dan bekerja sebagai Digital Content Creator pada Kobi Education.

“One of the biggest life lesson yang aku dapatkan selama berkuliah sekaligus sangat kusyukuri adalah memahami pentingnya untuk menyeimbangkan pendidikan dan organisasi. Saya menyadari bahwa kesuksesan bukan hanya ditentukan oleh pengetahuan akademis semata, tetapi juga oleh kemampuan untuk mengaplikasikan dan menguji kemampuan tersebut, serta dapat memahami dinamika dalam rangka persiapan menghadapi tantangan dunia nyata. So, it’s not just about being a smart book; it’s about being street-smart too! Keep that balance, and you’ll be the MVP in both arenas!” pungkas Devina. (Sudanta – Humas Undip)

Share this :