Kontingen Universitas Diponegoro (Undip) pada kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2023 berhasil meraih peringkat 6 nasional. Pada kategori presentasi, tim Yuki Kristina Lase berhasil menyabet medali emas pada kelas PKM-PM-1. Sementara itu tim Febri Hariadi berhasil mendapatkan medali emas pada kelas PKM-K-3. Tim Michael Gotawa Sitorus juga memperoleh 1 medali perak pada kategori presentasi Kelas PKM-RE-5. Pada kategori poster, tim Galih Aprian Triansyah pada kelas PKM-KC-1 dan tim Michael Gotawa Sitorus pada kelas PKM-RE-5 yang masing-masing memperoleh medali perunggu. Bukan hanya itu, kontingen Undip juga berhasil meraih gelar individu Mahasiswa Bertalenta. Kategori pada ajang PIMNAS bagi mahasiswa teraktif diraih oleh Dian Komalasari pada kelas PKM-VGK.

“Hari ini kami sudah menyelesaikan PIMNAS dengan kesan yang luar biasa. Alhamdulillah berhasil mendapatkan penghargaan mahasiswa bertalenta. Hal ini menjadi kebanggaan tidak hanya individu, tapi juga untuk tim. Karena semua dibangun dengan perjuangan dan kerjasama tim,” ucap Dian Komalasari, peraih gelar Mahasiswa Bertalenta.

PIMNAS ke-36 Tahun 2023 digelar di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat mempertandingkan beberapa kejuaraan kategori kelas PKM, yaitu Riset Eksakta (RE), Riset Sosial Humaniora (RSH), Kewirausahaan (K), Pengabdian Masyarakat (PM), Penerapan IPTEK (PI), Karsa Cipta (KC), Karya Inovatif (KI), Video Gagasan Konstruktif (VGK), dan Gagasan Futuristik Tertulis (GFT). Kontingen Undip berhasil menjuarai 5 kategori kelas dan 1 gelar Mahasiswa Bertalenta.

“Dengan perolehan medali tersebut, Undip berhasil menduduki peringkat 6 nasional yang sebelumnya berada di peringkat 11,” ujar Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum, selaku tim Task Force sekaligus Dosen Pembimbing.

Pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba, disampaikan pada acara penutupan PIMNAS, Jumat (30/11/2023) di Lapangan PPBS, Universitas Padjadjaran, Bandung.

“Harapannya semua pihak dari Prodi, Fakultas, maupun Universitas dapat mendukung setiap PKM kita dan semoga ini menjadi titik awal untuk Undip menjadi Juara Umum pada PIMNAS ke 37 yang akan dilaksanakan di UNAIR,” kata Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P.,M.Si, Selaku Dosen Pembimbing.

Share this :