Universitas Diponegoro (Undip) kembali dinobatkan menjadi The 2nd Most Sustainable University di Indonesia oleh pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings 2023. Peringkat ini merupakan kemenangan quattrick di mana Undip berada di ranking ke-2 sebagai universitas hijau dan ramah lingkungan selama empat tahun berturut-turut mulai tahun 2020, 2021, 2022, hingga 2023. Penilaian UI GreenMetric World University Rankings berdasarkan tingkat kepedulian terhadap isu bumi dan iklim, konservasi energi dan air, penanggulangan sampah, dan transportasi ramah lingkungan.

Analisis UI GreenMetric World University Rankings dilakukan berdasarkan 39 indikator pada 6 kriteria yaitu Pengaturan & Infrastruktur (Settings  & Infrastructure), Perubahan Energi dan Iklim (Energy & Climate Change), Limbah (Waste), Air (Water), Transportasi (Transportation), serta Pendidikan & Penelitian (Education & Research). Dalam penilaian UI Greenmetric Trees Rating, Undip meraih skor 4.5.

Sebagai kampus hijau, Undip mendukung pencapaian tujuan SDGs (Pembangunan Berkelanjutan) antara lain SDGs Goal 6 Clean Water and Sanitation (Air Bersih dan Sanitasi), Goal 7 Affordable and Clean Energy (Energi Terjangkau dan Bersih), Goal 11 Sustainable Cities and Communities (Kota dan Masyarakat Berkelanjutan), Goal 13 Climate Action (Aksi Iklim), dan Goal 15 Life on Land (Kehidupan di Alam).

Penguatan riset dan implementasi hasil riset terus dilakukan oleh ilmuwan Undip didukung oleh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan keluarga besar Undip bersama masyarakat. Upaya konservasi lingkungan juga dilaksanakan secara berkala meliputi penanaman pohon, pemeliharaan tanaman, konservasi satwa, penebaran benih ikan, pembersihan sungai, dan sebagainya.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan apresiasi sekaligus dorongan untuk Undip agar terus mempertahankan dan meningkatkan untuk mewujudkan kampus hijau, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Prof Yos juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika dan keluarga besar Undip yang telah melaksanakan program Sustainable and Green Campus dengan kegiatan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Undip juga berupaya memperluas kawasan terbuka hijau berupa pembuatan taman dan hutan kampus, efesiensi energi, penggunaan energi ramah lingkungan, konservasi air, transportasi hijau, serta pembangunan kampus dengan konsep green and smart building. Ke depannya, Undip berharap dapat berkontribusi lebih banyak untuk ikut mengurangi dampak perubahan iklim dengan menjaga kelestarian dan konservasi sumber daya alam sehingga berdampak baik bagi bumi kita tercinta,” ungkap Prof Yos.

Hadir sebagai perwakilan Undip Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Si. selaku Wakil Rektor Riset dan Inovasi menerima penghargaan “The 2nd Most Sustainable University in Indonesia” di UNHAS Hotel&Convention Makassar, pada 30 November 2023. Prof Ambariyanto berterima kasih kepada seluruh sivitas akademika Undip yang telah bersama-sama menjaga Undip dan mengajak untuk meningkatkan kualitas Undip sebagai kampus yang nyaman dan peduli lingkungan. (Ut/Titis-Public Relations)

Undip sebagai “The 2nd Most Sustainable University in Indonesia” menurut pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings 2023.

Undip Sustainable Campus (Taman Inspirasi Undip).

Share this :