, ,

UNDIP Raih Peringkat “The 27th Most Sustainable University in the World” pada 2023

Universitas Diponegoro (Undip) menyandang gelar The 2nd Most Sustainable University di Indonesia atas kemenangan quattrick tahun 2020, 2021, 2022, hingga 2023 menurut pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings. Pada level internasional, tahun ini Undip meraih peringkat The 27th Most Sustainable University in the World dari 1.183 universitas di 85 negara. Capaian ini meningkat dari tahun 2022 lalu di mana Undip berada di ranking ke-29 internasional.

Analisis UI GreenMetric World University Rankings dilakukan berdasarkan 39 indikator pada 6 kriteria yaitu Pengaturan & Infrastruktur (Settings  & Infrastructure), Perubahan Energi dan Iklim (Energy & Climate Change), Limbah (Waste), Air (Water), Transportasi (Transportation), serta Pendidikan & Penelitian (Education & Research). Dalam penilaian UI Greenmetric Trees Rating, Undip meraih skor 4.5.

Undip meraih skor total 8875 poin, meliputi Pengaturan & Infrastruktur (Settings  & Infrastructure) 1250 poin, Perubahan Energi dan Iklim (Energy & Climate Change) 1750 poin, Limbah (Waste) 1500 poin, Air (Water) 900 poin, Transportasi (Transportation) 1675 poin, dan Pendidikan & Penelitian (Education & Research) 1800 poin.

Overall Rankings 2023 Universitas Diponegoro pada pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings.

Sebagai kampus hijau, Undip mendukung pencapaian tujuan SDGs (Pembangunan Berkelanjutan) antara lain SDGs Goal 6 Clean Water and Sanitation (Air Bersih dan Sanitasi), Goal 7 Affordable and Clean Energy (Energi Terjangkau dan Bersih), Goal 11 Sustainable Cities and Communities (Kota dan Masyarakat Berkelanjutan), Goal 13 Climate Action (Aksi Iklim), dan Goal 15 Life on Land (Kehidupan di Alam).

Implementasi dukungan Undip terhadap isu alam dan lingkungan diwujudkan dalam aksi pencapaian tujuan SDGs yang melibatkan jajaran pimpinan, staf, mahasiswa, dan seluruh civitas academica Undip. Dengan menciptakan kampus hijau dan asri, diharapkan bahwa langkah Undip memberikan dampak positif terkait pemeliharaan ekosistem dan kelestarian flora di sekitarnya.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum. menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan apresiasi sekaligus dorongan untuk Undip agar terus mempertahankan dan meningkatkan untuk mewujudkan kampus hijau, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Hal ini sebagai bukti bahwa Undip merupakan kampus yang berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun global.

Prof Yos juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika dan keluarga besar Undip yang telah melaksanakan program Sustainable and Green Campus dengan kegiatan ramah lingkungan dan berkelanjutan. “Undip akan terus berupaya memperluas kawasan terbuka hijau berupa pembuatan taman dan hutan kampus, efesiensi energy, penggunaan energy ramah lingkungan, konservasi air, transportasi hijau, serta pembangunan kampus dengan konsep green and smart building“, ungkapnya. “Kedepannya, Undip berharap dapat berkontribusi lebih banyak untuk ikut mengurangi dampak perubahan iklim dengan menjaga kelestarian dan konservasi sumber daya alam sehingga berdampak baik bagi Bumi kita tercinta”, kata  Prof Yos. (Titis-Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News