,

Prof Jamari Siap Pimpin Fakultas Teknik UNDIP

Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T menyatakan siap memimpin dan menjalankan amanah sebagai Dekan Fakultas Teknik Periode 2024-2029. Hal tersebut dinyatakan pada upacara pelantikan Pejabat dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum, Senin (15/1) di Gedung Prof. Sudarto S.H., Kampus Undip Tembalang.

Ia menggantikan Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D yang telah mendedikasikan dan berkontribusi luar biasa atas pencapaian Fakultas Teknik Undip hingga terpilih sebagai unit kerja PTN berpredikat sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) saat menjabat sebagai Dekan FT dengan masa bakti 2019-2024.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Diponegoro Nomor: 32/UN7.A/KP/I/2024 s.d. Nomor: 81/UN7.A/KP/I/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Ketua Departemen, Ketua dan Sekretaris Program Studi, dan Supervisor di Lingkungan Universitas Diponegoro.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D memberikan Buku Memorandum Akhir Jabatan 2019 – 2024 kepada Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T sebagai bentuk penyerahan pertanggungjawaban. Untuk selanjutnya acara serah terima jabatan secara resmi diagendakan di lingkup Fakultas Teknik pada hari Jumat, 19 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Undip berpesan pada Dekan yang baru dilantik untuk terus melanjutkan prestasi yang telah diraih di masa kepemimpinan yang sebelumnya. “Teman-teman Dekan yang baru, kami harap mampu meningkatkan capaian dan prestasi yang sudah dijalankan oleh pejabat sebelumnya. Yang sebelumnya hebat, kita berusaha menjaganya agar lebih hebat lagi,” ucap Prof Yos.

Sekilas kiprah karier Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T yang merupakan sosok Guru Besar di Departemen Teknik Mesin dengan bidang kepakaran Tribologi. Jabatan strategis yang pernah diemban, diantaranya: Ketua Departemen Teknik Mesin (2016-2017); Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian dan kepada Masyarakat (LPPM) Undip (2017-2019); hingga dipercaya menjabat sebagai Ketua LPPM Undip periode 2019-2023.

Riwayat pendidikan Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T yaitu memperoleh gelar Doctor (Dr) dari Universiteit Twente, Belanda (2006).  Sebelumnya menyelesaikan pendidikan pascasarjana dengan gelar Magister Teknik (MT) di Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2001, dan gelar Sarjana Teknik (ST) juga di Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1999. Hingga saat ini ia masih aktif mengajar di Departemen Teknik Mesin mengampu beberapa mata kuliah bidang konstruksi diantaranya adalah Mekanika Kekuatan Bahan, Mekanika Kontak, dan Tribologi. Saat ini tengah melakukan riset tentang Bio-Tribology dan Biomekanik yang telah menghasilkan cukup banyak publikasi internasional.

Selamat mengemban Amanah dan Sukses untuk Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T. Semoga semakin berjaya dalam melanjutkan program-program unggulan lainnya. Serta membawa FT Undip meraih banyak prestasi yang membanggakan kedepannya. (Diah ed.Utami – Humas)

Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D (kiri) memberikan Buku Memorandum Akhir Jabatan 2019 – 2024 kepada Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T (kanan) sebagai bentuk penyerahan pertanggungjawaban.

 

Share this :

Category

Arsip

Related News