, ,

Undip Menuju 500 Besar Universitas Kelas Dunia 2024

Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu universitas di Indonesia yang telah mencanangkan diri sebagai salah satu universitas berbasis riset bereputasi internasional. Sebagai bentuk nyata Universitas Diponegoro dalam rangka mewujudkan sebagai Universitas Berkelas Dunia (World Class University), Undip menyelenggarakan sosialisasi program World Class University 2024 pada (22/01) di Gedung Prof. Soedarto, S.H, Kampus Undip Tembalang, Semarang. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan dan Civitas Academica Universitas Diponegoro.

Pengantar sosialisasi menjadi pembuka acara dengan penyampaian pengantar oleh Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. selaku Wakil Rektor IV bidang Riset dan Inovasi Universitas Diponegoro. Dalam pengantar yang disampaikan oleh Prof Ambariyanto menyatakan bahwa pengakuan internasional mendukung Undip dalam mencapai cita-cita sebagai ‘World Class University’ melalui peningkatan academic reputation. Prof Ambariyanto mengapresiasi pula capaian Undip di tahun 2024 ini yang masuk peringkat 791-800 menurut QS World University Ranking.

“Saat ini Undip mendapatkan peringkat 791-800 universitas berkelas dunia. Selanjutnya kita ingin melibatkan secara aktif seluruh civitas akademik Undip untuk terus meng-up date data, informasi, dan seterusnya dengan harapan pemeringkatan selanjutnya peringkat Undip dapat terus naik hingga mencapai target yaitu Top 500 World Rank,” terang Prof Ambariyanto dalam pidato pengantarnya.

Acara sosialisasi ini dilanjutkan dengan arahan oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H. M.Hum. selaku Rektor Universitas yang mengajak seluruh civitas akademik untuk terus memperkuat Undip sehingga prestasi yang telah dicapai dapat terus dipertahankan.

“Jika ingin melihat Undip tumbuh menjadi lebih sejahtera, setidaknya kita dapat mempertahankan peringkat-peringkat itu. Menurut saya World Class University (WCU) ini berdampingan dengan masalah Prosperity, dengan peringkat yang dicapai itu harus juga beriringan dengan kemakmuran dan kesejahteraan bersama. Jika kita bersungguh-sungguh maka kita pasti bisa untuk mencapai itu. Mari kita tingkatkan kesejahteraan dengan terus mencetak prestasi,” kata Rektor Universitas Diponegoro.

Pemaparan materi sosialisasi ini dilakukan oleh Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si. Dalam pemaparan materinya Prof Denny menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya Undip untuk mencapai 500 besar universitas dunia. Pemaparan materi oleh Prof Denny ini mengenai data-data capaian Undip menuju 500 universitas berkelas dunia dan sosialisasi mengenai kegiatan serta program-program internasionalisasi World Class University Undip 2024. (Sudanta-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News