, ,

Undip Kampus Berbudaya K3 yang Aman dan Sehat

Universitas Diponegoro (Undip) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024, di mana Undip terpilih menjadi tuan rumah. Acara tersebut dilaksanakan pada Rabu pagi, 24 Januari 2024 di lapangan Gedung Widya Puraya, Undip Tembalang, Semarang. Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 mengusung tema “Kampus Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Menuju Indonesia Emas 2045.” Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, diwakili oleh Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana, A.S., M.M. yang menjabat sebagai PJ Gubernur Jawa Tengah hadir dalam acara ini.

Dalam rangka mengoptimalkan budaya K3 untuk membentuk lingkungan kerja yang sehat, acara diawali dengan Senam Pekerja Sehat yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Tamu undangan yang hadir mencapai hampir 700 orang dari ASN, penguji K3, ahli K3, pengurus APINDO, pengurus asuransi barang dan jasa, pengurus serikat buruh, perwakilan manajemen perusahaan, serta civitas academica di lingkungan Undip.

PJ Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana, A.S., M.M. dalam sambutannya menyebutkan tujuan Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024, antara lain untuk menyusun regulasi unggul di bidang K3L, menerapkan norma dan budaya K3 yang baik dan konsisten di tempat kerja oleh semua pihak, serta meningkatkan produktivitas kerja. “Keberhasilan K3 mampu mengurangi resiko kerja, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mencapai SDGs, dan memaksimalkan daya saing nasional,” ungkap PJ Gubernur Jawa Tengah.

Selanjutnya, Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. selaku Wakil Rektor Sumber Daya, mewakili Rektor Undip menyampaikan bahwa setelah terbentuk UPT K3L Undip, pengelolaan sampah di Undip terkendali dengan baik dan lingkungan menjadi lebih sehat. “Budaya K3 perlu untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sehat, juga untuk menghindari dan mengurangi resiko kecelakaan dan penyakit saat kerja. Kita semua yang hadir di sini, dari perwakilan Perguruan Tinggi di Jawa Tengah bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya menciptakan keselamatan kerja di lingkungan kerja masing-masing, karena keselamatan kerja adalah tanggung jawab setiap orang,” ungkap Prof. Heru.

Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 dimulai secara simbolis dengan membunyikan sirine oleh PJ Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana, A.S., M.M.; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Aziz, S.E., M.Si.; Wakil Rektor Sumber Daya Undip, Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T.; Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip, Dr. Budiyono, S.KM., M.Kes., dan para perwakilan Perguruan Tinggi.

Penandatanganan Komitmen K3 di Universitas Diponegoro oleh Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. selaku Wakil Rektor Sumber Daya, mewakili Rektor Undip, dan disaksikan oleh PJ Gubernur Jawa Tengah. Undip juga memperoleh dua penghargaan di bidang K3 yang diberikan langsung oleh PJ Gubernur Jawa Tengah, yaitu Partisipasi Aktif Bulan K3 Tahun 2024 kepada Universitas Diponegoro dan Kampus Berbudaya K3 kepada Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Di penghujung acara, dilaksanakan Demo K3 yang meliputi Penanggulangan Kebakaran (10 Menit) dan Durasi P3K (10 Menit) oleh PT. PLN Indonesia Power PLTGU Tambaklorok Semarang. Peragaan proses pemadaman api menggunakan APAR dan fire blanket, serta P3K pada korban jatuh dari tangga portable ditampilkan kepada peserta acara Pencanangan Bulan K3 Nasional Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 sebagai edukasi terhadap bencana kebakaran dan pertolongan pertama.

Didasari pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, Universitas Diponegoro (Undip) membuka prodi S1 K3 pada tahun 2023 https://www.undip.ac.id/post/29170/keren-undip-buka-prodi-s1-keselamatan-dan-kesehatan-kerja.html. Program studi S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip sudah terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dengan kode prodi 13242 berdasarkan SK Rektor Undip nomor 89/UN7.A/HK/III/2023. Untuk persyaratan pendaftaran, dipersilahkan mengunjungi website pmb.undip.ac.id. (Titis-Public Relations)

Undip memperoleh dua penghargaan di bidang K3 yang diberikan langsung oleh PJ Gubernur Jawa Tengah, yaitu Partisipasi Aktif Bulan K3 Tahun 2024 kepada Universitas Diponegoro (atas) dan Kampus Berbudaya K3 kepada Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (bawah).
Peragaan proses pemadaman api menggunakan APAR dan fire blanket oleh PT. PLN Indonesia Power PLTGU Tambaklorok Semarang.
Share this :

Category

Arsip

Related News