, ,

Undip Mendorong Perkembangan Karir Dosen Melalui SISTER

Dewan Profesor Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Webinar Curah Pikir Guru Besar Universitas Diponegoro “Undip Professor Talk” pada Rabu, tanggal 24 Januari 2024 pukul 13.00 WIB di Official Youtube UndipTV dengan tema Pengembangan Karir Dosen: Sistem Pendataan dan Penilaian Melalui Sister.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Akademik Undip Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., IPU. Dalam sambutannya Prof Edy menuturkan bahwa pengembangan karir dosen menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. “Kita perlu tahu apa saja yang perlu dilakukan oleh dosen tersebut karena ini akan menyangkut pengembangan karir dosen itu sendiri dan institusinya,” kata Prof Edy.

Sementara itu Ketua Dewan Profesor Undip Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA., mengungkapkan bahwa pengembangan karir dosen perlu ditunjang dengan peningkatan kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi kompetensi. Serta sebagai seorang dosen juga wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Tidak hanya melakukan penelitian, namun juga hasil-hasil penelitian itu perlu dipublikasikan kedalam jurnal yang bereputasi. Ditambah dengan pengabdian kepada masyarakat yang ditunjang oleh hasil-hasil penelitian tersebut,” kata Prof Purwanto.

Dari keseluruhan yang telah dilakukan dosen, perlu adanya dukungan sistem. Salah satunya adalah dukungan untuk publikasi penelitian SINTA (Science and Technology Index). “Kemudian yang terbaru adalah dengan dukungan SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi). Semua yang dilakukan oleh dosen dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi, dimasukan ke sistem SISTER. Hal ini menjadi bagian dari aktivitas dosen sehari-hari,” terang Prof Purwanto.

Webinar dilanjutkan dengan paparan materi oleh narasumber. Webinar yang dimoderatori oleh Prof. Ir. Vitus Dwi Yunianto Budi Ismadi, M.S., M.Sc., Ph.D., IPU., ini mengundang 3 (tiga) narasumber, yaitu Prof. Dr. Sutikno, M.T. yang menjelaskan mengenai informasi lanjutan terkait angka kredit integrasi. Narsum kedua yakni Prof. Dr. Moh. Djaeni, S.T., M.Eng. yang menerangkan mengenai proses tindak lanjut usulan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional dosen di Undip. Adapun narsum ketiga yakni Prof. Dr. Dra. Naili Farida, M.Si. yang menjelaskan mengenai strategi dalam proses usulan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional dosen.

Webinar dihadiri Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor Undip, Ketua dan Sekretaris Komisi A B C dan D Dewan Profesor Undip, dan segenap tamu undangan webinar.

Share this :

Category

Arsip

Related News