, ,

Rektor: Lulusan Undip Berintegritas dan Cepat Memperoleh Pekerjaan

Semarang – Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mewisuda 2.848 lulusan periode ke-173 pada 29 Januari – 02 Februari 2024 bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H., kampus Undip Tembalang. Sebanyak 1.531 lulusan berhasil meraih predikat cumlaude atau dengan pujian. Kelulusan ini terdiri dari Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Profesi, Sarjana, Sarjana Terapan (D4) dan Diploma. Pada periode ini, Undip juga meluluskan 203 mahasiswa bidikmisi; 5 mahasiswa asing; dan 4 mahasiswa dengan Double Degree.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan orang tua wisudawan atas kelulusan dan capaian yang diraih. “Menjadi kebanggaan berhasil lulus menyelesaikan studi di Undip, salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan segudang prestasi, diantaranya Ranking 1 Nasional sebagai Universitas dengan alumni paling cepat mendapat pekerjaan berdasar QS Ranking for Employability 2021-2022; Rangking 2 nasional dan ranking 30 dunia Sustainable University berdasar UI Greenmetric 2020, 2021, 2022, 2023; Ranking 2 Nasional PTNBH Terbaik tahun 2021; 5 Besar PTNBH Terbaik 2022; Top 8 National Rank for World University Rank 2023 versi QS WUR, dan memiliki lebih dari 20 prodi terakreditasi internasional termasuk ABEST, FIBAA, dan ASIIN; serta 24 Prodi ranking 1 s.d. 3 prodi terbaik di tingkat nasional,” kata Prof. Yos.

Prof. Yos juga menyampaikan Undip adalah universitas yang besar, dengan alumni hampir seperempat juta orang, dan telah menghasilkan alumni yang menduduki jabatan tinggi di Indonesia. Sebagai alumni, masing-masing mempunyai tugas untuk tetap menjaga keagungan almamater Undip. Oleh karenanya, ilmu pengetahuan harus diimplementasikan dengan penuh integritas. “Ilmu yang kita pelajari selama ini sesungguhnya adalah media keterhubungan kita dengan Sang Khalik. Karena dengan ilmu itulah kita beribadah dalam bentuk ilmu amaliah. Didalamnya harus dilandasi dengan integritas yang bersendikan kepada kejujuran, kebenaran, dan keadilan,” tegas Prof. Yos.

“Menjadi alumni Undip yang sukses, utamanya menjadi pribadi yang jujur, adil, berani, dan peduli. Jujur dalam tindakan dan ucapan, adil dalam setiap pilihan kebijakannya, berani berkata benar sesuai hati nuraninya dan mempunyai rasa peduli kepada sesama umat manusia,” ujar Prof Yos.

Sementara dalam laporannya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Suharnomo, S.E., M.Si. menyebutkan bahwa penyelenggaraan wisuda ke-173 ini diselenggarakan selama 5 hari dalam 10 tahap. Total terdapat 2.848 wisudawan yang diantaranya 61 orang dari program Doktor; 327 orang dari program Magister; 56 orang dari program Spesialis; 251 orang dari program Profesi; 1.938 orang dari program Sarjana; 197 orang dari program Sarjana Terapan; dan 18 orang dari program Diploma.

“Semoga para wisudawan senantiasa sukses dalam meniti karir dan selalu menjadi teladan yang baik bagi masyarakat. Kami sungguh bangga atas capaian prestasi akademik yang diperoleh para wisudawan,” ucap Prof Suharnomo.

Prosesi acara wisuda ke-173 Universitas Diponegoro dapat disimak selengkapnya pada YouTube Undip TV Official. (DHW ed. Ut Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News