,

UPT Perpustakaan dan Undip Press Manfaatkan AI Telusuri Literatur Ilmiah

UPT Perpustakaan dan Undip Press kembali menyelenggarakan Webinar Series dengan mengundang salah satu dosen Departemen Informatika dari Fakultas Sains dan Matematika, Dr. Indra Waspada, S.T., MTI, sebagai narasumber. Webinar Series #50 dengan tema “Pemanfaatan AI untuk Penelusuran Literatur Ilmiah dalam Mendukung Riset” dilaksanakan melalui Zoom meeting pada Selasa, 6 Februari 2024, dan diramaikan oleh lebih dari 900 partisipan. Webinar Series kali ini bertujuan untuk memberikan mengedukasi akademisi dalam pemanfaatan AI dalam bidang riset.

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa AI merupakan potensi yang baik dalam kegiatan akademik khususnya bidang penelitian. AI dapat memudahkan para peneliti dalam melakukan kegiatan mencari referensi.

Narasumber pada webinar ini, Dr. Indra Waspada, S.T., MTI memaparkan beberapa materi mengenai pemanfaatan AI, diantaranya latar belakang dalam penelusuran literatur ilmiah, pemanfaatan AI untuk penelusuran literatur ilmiah dalam mendukung riset, tahapan SLR (Systematic Literature Review), dan Prompt Engineering. Di dalam salah satu materinya, Dr. Indra Waspada, S.T., MTI memberikan tips and trick Prompt Engineering hingga percobaan penyusunan kata kunci (Boolean Query).

Webinar ditutup dengan sesi tanya-jawab. Peserta webinar dengan antusias melontarkan pentanyaan-pertanyaan kepada narasumber secara langsung maupun tertulis. Sesi tanya-jawab ini terlaksana secara aktif dan tertib. Dr. Indra Waspada, S.T., MTI menutup paparannya dengan menekankan bahwa kualitas ulasan literatur ditentukan oleh proses pencarian literatur dan sistem AI dapat membantu proses pencarian literatur.

Kunjungi Perpustakaan Undip dan dapatkan informasi lengkap Perpustakaan Undip dengan mengunjungi laman perpustakaan Undip: https://digilib.undip.ac.id/. (Ghaitsa ed.AS/Humas)

 

Share this :

Category

Arsip

Related News