Site icon Universitas Diponegoro

Rektor Undip: KKN Membangun Leadership dan Tanggung Jawab

Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. beserta jajaran telah melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke salah satu lokasi tempat dilaksanakannya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Undip Tahun Akademik 2023/2024 di Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang pada Rabu (07/02). Monev KKN ini bertujuan untuk melihat dan mengevaluasi secara langsung bagaimana hasil inovasi dan program kerja mahasiswa KKN yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Mengawali sambutannya, Rektor Undip Prof. Yos mengungkapkan bahwa kegiatan KKN yang telah dilakukan menjadi salah satu ibadah dalam bidang ilmiah karena dalam kegiatan KKN tersebut mahasiswa dituntut untuk membantu masyarakat sekitar, serta mengajarkan mahasiswa bagaimana hidup di tengah masyarakat.

“Kami turunkan mahasiswa KKN supaya mereka mengenal bagaimana hidup di masyarakat, tidak hanya di dalam kelas. Berikan yang terbaik, sesuai dengan kualitas Undip,” kata Prof Yos.

Prof Yos menambahkan kegiatan KKN ini dapat menambah pengalaman leadership dan tanggung jawab mahasiswa. “Insyaallah dengan itu semua kita akan mendapatkan generasi muda Indonesia yang lebih baik. Selain itu, saya mengucapkan terima kasih karena mahasiswa kami yang KKN disini telah diterima dengan baik dan sudah difasilitasi banyak hal,” tambah Prof Yos.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kabupaten Pemalang Gunawan Wibisono, S.Si., M.Si., mengungkapkan bahwa kehadiran mahasiswa Undip dapat menjadi jembatan antara perguruan tinggi dengan masyarakat dalam rangka membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk menyelesaikan kewajiban kurikulum kuliah saja, namun ada juga proses transfer pengetahuan dan kemampuan kepada masyarakat sehingga memberikan manfaat yang nyata dan dapat dirasakan langsung oleh warga masyarakat,” ungkap Gunawan.

Melalui program KKN, mahasiswa berkesempatan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang dipelajari di kampus untuk dipraktekkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. “Kami telah melakukan monev kegiatan KKN, dan berdasarkan hasil monev para mahasiswa telah melakukan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat dan bersinergi dengan masyarakat dilokasi KKN,” jelasnya.

“Saya percaya program KKN yang telah dilakukan memberikan efek positif bagi masyarakat khususnya program pemberdayaan masyarakat di lokasi KKN. Jadilah agen perubahan yang positif di tengah masyarakat, terus belajar dan tingkatkan diri, serta tetap terhubung dengan desa dengan menjalin komunikasi dan kerja sama agar program KKN dapat berkelanjutan. Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa karena telah berkontribusi positif terhadap pembangunan di Kabupaten Pemalang,” terang Gunawan.

Senada dengan Sekretaris Bappeda Kabupaten Pemalang, Camat Warungpring Vivien Widyasari, S.STP, M.M., mengucapkan terima kasih atas kontribusi mahasiswa karena selama KKN banyak kontribusi yang diberikan mahasiswa terhadap desa di wilayah Kecamatan Warungpring dan di wilayah lainnya. “Saya berharap kedepan kita bisa melanjutkan kerja sama pada agenda selanjutnya,” ujar Vivien.

Kegiatan Monev program KKN Tim 1 Undip yang mengusung tema “Krida Bhakti: Gema Kreasi Diponegoro, Wujudkan Asa Gemilang Bumi Pemalang” ini diikuti sebanyak 484 mahasiswa yang tersebar di 6 Kecamatan (Watukumpul, Warungpring, Belik, Moga dan Pulosari, Randudongkal) di Kabupaten Pemalang.

Share this :
Exit mobile version