Di tengah meningkatnya risiko bencana alam, desa siaga bencana merupakan langkah awal upaya mitigasi dan persiapan menghadapi bencana. Adanya potensi akan bencana angin puting beliung yang diresahkan warga Desa Wonosari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan mendorong mahasiswa KKN Tim I Undip T.A. 2023/2024 mengambil langkah untuk menciptakan desa yang siaga bencana.

Desa Wonosari memiliki luas 261 hektar dan memiliki lokasi yang cukup strategis. Tingginya tingkat risiko terdampak bencana ini menunjukkan bahwa Desa Wonosari belum sepenuhnya menjadi tempat yang aman dari ancaman bencana. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN),  Andra Aulia Azahra selaku mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro melakukan program pemasangan tiang jalur evakuasi dan titik kumpul di beberapa titik Desa Wonosari.

Program ini dirancang dengan mengikuti prosedur evakuasi dan penentuan lokasi titik kumpul yang sudah diperhatikan. Langkah-langkah keselamatan juga turut diperhatikan untuk memastikan jalur evakuasi aman dan dapat digunakan dalam situasi darurat yang terjadi. Pemasangan jalur evakuasi ditentukan dengan melakukan survei lapangan untuk mengevaluasi topografi dan kondisi geografis guna menentukan jalur evakuasi yang optimal serta pemasangan titik kumpul yang ditentukan dengan strategis. Lokasi yang ditetapkan sebagai jalur evakuasi dan titik kumpul juga merupakan lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat dan aman dari potensi bahaya bencana, termasuk yang memiliki keterbatasan mobilitas.

Setelah dilakukan survei lapangan dan pemasangan jalur evakuasi dan titik kumpul, tim mahasiswa KKN Undip memberikan titik koordinat jalur evakuasi dan titik kumpul pada peta penggunaan lahan yang diberikan kepada perangkat desa guna mengetahui dan memahami lokasi jalur evakuasi dan titik kumpul tersebut. Sehingga dapat disebarluaskan kepada masyarakat Desa Wonosari sebagai bentuk desa siaga bencana.

Melalui kolaborasi antara mahasiswa KKN Undip dan perangkat desa, proses pemasangan jalur evakuasi dan titik kumpul ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana. “Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN Undip karena telah melaksanakan program kerja yang sangat bermanfaat sekali untuk desa. Karena mitigasi bencana merupakan suatu program desa yang harus dilaksanakan juga. Dengan adanya program dari KKN ini maka desa dapat terbantu dalam membentuk desa siaga bencana.” ujar Pak Adi selaku Sekretaris Desa Wonosari.

Setelah diadakannya program ini, harapannya dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan ketika terjadi bencana alam. Dengan adanya jalur evakuasi yang jelas dan titik kumpul yang strategis, diharapkan masyarakat menjadi lebih siap dan mampu bertindak secara efektif saat terjadi becana alam. (Andra ed. Ut Humas)

Penulis : Andra Aulia Azahra (Teknik Perkapalan – Fakultas Teknik)

Share this :