Fasilitas umum merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan oleh publik. Untuk memberikan gambaran lokasi fasilitas umum yang ada di Desa Wonosari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Garin Aprilino Matondang mahasiswa Teknik Geodesi Universitas Diponegoro membuat peta persebaran fasilitas umum Desa Wonosari. Senin (5/02), mahasiswa KKN menyerahkan peta persebaran fasilitas umum.

Pembuatan peta persebaran fasilitas umum ini diawali dengan survei lapangan selama beberapa hari. Selanjutnya, dilakukan pemetaan titik koordinat fasilitas umum di sekitar Desa Wonosari menggunakan aplikasi Avenza Maps dan mengumpulkan data melalui wawancara dengan pihak desa setempat. Berikutnya, mahasiswa KKN mengolah data tersebut dan melakukan konsultasi dengan perangkat desa untuk memastikan keakuratan dan relevansi informasi yang terdapat pada peta.

Proses pembuatan peta ini memerlukan waktu selama seminggu. Konsultasi dengan perangkat desa menjadi tahap krusial dalam menyelaraskan informasi yang dikumpulkan dengan kebijakan dan kebutuhan lokal. Peta bukan hanya sekadar kumpulan simbol dan garis-garis, tetapi merupakan cerminan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Wonosari.

Setelah peta tersedia dalam bentuk cetak, mahasiswa KKN menyerahkan peta kepada perangkat desa disertai dengan penjelasan cara membaca peta beserta fungsinya. Program “Pembuatan Peta Persebaran Fasilitas Umum di Desa Wonosari” ini bukan hanya sekadar cetakan peta biasa. Peta ini diharapkan menjadi akses layanan bagi masyarakat Desa Wonosari dalam memandu mereka dengan tepat menuju pusat-pusat penting seperti pusat kesehatan, sekolah, dan fasilitas publik lainnya. Dengan adanya peta ini, diharapkan masyarakat setempat maupun pendatang tidak lagi merasa kebingungan dalam mencari fasilitas umum.

Penulis : Garin Aprilino Matondang (Teknik Geodesi – Fakultas Teknik)

Share this :