,

Mahasiswa KKN Undip Ajak Ibu Rumah Tangga Berwirausaha

Kewirausahaan merupakan salah satu skill yang diperlukan oleh masyarakat. Jiwa kewirausahaan mendorong masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Aldrick Brianto Putra mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Diponegoro menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan melalui pembuatan kerajinan tangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi waktu luang yang dimiliki oleh ibu rumah tangga di Desa Wonosari, kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk menambah kreatifitas dan jiwa berwirausaha yang dimiliki oleh ibu rumah tangga.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (16/01) di Balai Desa Wonosari dengan mengundang ibu rumah tangga di Desa Wonosari. Program ini merupakan salah satu bentuk nyata penanaman jiwa berwirausaha kepada masyarakat. Program ini mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Wonosari mengingat manfaat yang diberikan dari program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Wonosari.

Pada pelaksanaannya mahasiswa KKN memberikan pemahaman terkait manfaat berwirausaha dan mengajarkan cara membuat kerajinan tangan melalui fasilitas yang telah disediakan. Selanjutnya, mahasiswa KKN memberikan kesempatan untuk peserta membuat kerajinan tangan sesuai dengan kreativitas masing-masing dengan tetap diberi panduan pembuatannya.

Ibu-ibu peserta kegiatan sangat antusias dan menikmati proses pembuatan kerajinan tangan yang diberikan. Para peserta juga bertanya dan meminta bantuan pada mahasiswa KKN untuk membantu mereka. Ibu-ibu juga menyalurkan kreativitas mereka dengan membuat gelang, kalung, gantungan, dan cicin yang bisa dimanfaatkan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Dengan dilakukannya kegiatan ini harapannya ibu-ibu di Desa Wonosari dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat salah satunya adalah dengan berwirausaha yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Penulis : Aldrick Briato Putra (Manajemen – Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Share this :

Category

Arsip

Related News