, ,

Canggih! RSND Undip Miliki MRI 1.5 Tesla

Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) memperoleh bantuan alat dari Kementerian Kesehatan berupa mesin Magnetic Resonance Imaging 1.5 Tesla. Hadirnya alat ini sejalan dengan tujuan RSND yang terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan penelitian, serta pengembangan civitas medika RSND Undip. Ketersediaan peralatan canggih yang dimiliki, menjadikan RSND Undip menjadi tempat rujukan untuk penyakit katastropik seperti penyakit jantung, ginjal, kanker, dan stroke. Peralatan canggih MRI 1.5 Tesla mulai dikenalkan pada acara tasyakuran yang digelar di Instalasi Radiologi RSND Undip pada Selasa (20/2).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menegaskan bahwa Undip akan terus meningkatkan kualitas layanan RSND hingga menjadi yang terbaik di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. “Dengan alat ini tentu kualitas dari pelayanan kesehatan RSND semakin meningkat. Undip akan terus meningkatkan kualitas RSND tidak hanya sebagai bagian dari Rumah Sakit, tetapi turut pula mendukung kualitas pendidikan dan peningkatan sarana pendidikan Fakultas Kedokteran Undip. Sasaran kita bukan lagi terbaik di Indonesia, tetapi menjadi unggul se-Asia atau ASEAN,” ujar Prof Yos.

Direktur Utama RSND Dr. dr. Sutopo Patria Jati, M.M., M.Kes. menjelaskan bahwa RSND sebagai rumah sakit pendidikan utama tidak hanya berorientasi pada pelayanan, tapi juga pada pendidikan. “Rumah Sakit Pendidikan Utama tidak hanya berorientasi pada pelayanan tapi juga pada pendidikan, dimana didalamnya termasuk unsur penelitian dan pengembangan yang menjadi poin penting. Kehadiran peralatan MRI ini, akan sangat mendukung kinerja yang mendukung penelitian dan pengembangan,” terangnya.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Dr. dr. Yan Wisnu Prajoko, M.Kes., Sp.B.Subsp.-onk(K) bersyukur dengan kehadiran mesin MRI ini. Ia berharap, dengan ketersediaan peralatan canggih di RSND Undip dapat digunakan secara optimal. “Dengan adanya alat-alat yang canggih, mendukung capaian lulusan Fakultas Kedokteran Undip yang unggul. Lulusan Undip memiliki kemampuan yang lebih dalam hal diagnosis maupun teurapetik dan juga mampu menginterpretasi, mengenali, menggunakan serta memanfaatkan alat-alat canggih tersebut dibandingkan lulusan universitas lain,” jelasnya.

Mesin MRI 1.5 yang dimiliki RSND Undip dilengkapi dengan software yang advance, sehingga dapat digunakan secara optimal khususnya pada pasien yang berkonsentrasi KJSU (Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi). RSND Undip juga dilengkapi dengan SDM yang mumpuni dan telah dipersiapkan untuk mengoperasikan alat yang canggih. Dengan adanya mesin MRI ini, RSND Undip menjadi alternatif di tengah banyaknya kebutuhan masyarakat untuk diagnosa penyakit. Diagnosa yang tepat akan memudahkan dokter untuk menentukan bagaimana perawatan pasien sehingga penyakit dapat segera disembuhkan. (Hanang ed. Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News