Universitas Diponegoro (Undip) terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswanya. Mulai dari program food truck yang sudah berjalan rutin setiap hari Senin hingga Kamis. Dilanjutkan dengan program berikutnya yakni Undip menggandeng Bank Mandiri membagikan 1800 paket peralatan mandi untuk mahasiswa.

Peralatan mandi tersebut dibagikan bersamaan dengan program food truck bagi mahasiswa yang dilaksanakan pada Senin (4/3). Adapun program food truck yakni pembagian makan gratis untuk mahasiswa telah berjalan sejak tahun 2022. Sementara bantuan peralatan mandi bagi mahasiswa Undip merupakan salah satu bentuk perwujudan kerja sama mitra yang baik antara Universitas Diponegoro dengan Bank Mandiri.

Pembagian paket peralatan mandi didistribusikan di beberapa titik, yakni di Student Center, Aula Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Halaman Gedung SA-MWA, Aula Imam Barjo Kampus Pleburan, Kampus Jepara, Kampus Pekalongan, Kampus Batang, dan Kampus Rembang.

Dalam sambutannya pada acara Penyerahan Paket Peralatan Mandi yang diselenggarakan di Student Center, Kampus Undip Tembalang pada Senin (4/3), Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., mengatakan bahwa pemberian bantuan seperti pembagian makan gratis atau program food truck bagi mahasiswa dan juga pembagian peralatan mandi adalah salah satu bentuk kasih sayang yang diberikan Undip kepada mahasiswanya.

“Karena yang ada di dalam ruh Undip adalah kasih sayang. Kita diajari oleh guru-guru kita tentang kasih sayang. Kasih sayang itu lebih hebat dan lebih berarti. Kasih sayang itu menghormati dan melindungi,” kata Prof Yos.

Perwakilan dari Bank Mandiri, Tinno Susilo melihat bahwa gerakan yang Undip lakukan saat ini adalah satu hal yang patut didukung. “Program makan gratis bagi mahasiswa adalah program unik dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mendukung program Undip untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa, maka Bank Mandiri menambahnya dengan memberikan bantuan yakni pembagian peralatan mandi dengan harapan mahasiswa semakin sehat dan sejahtera,” ujar Tinno Susilo, Regional CEO Bank Mandiri Jawa Tengah – DIY.

Adapun teknis pengambilan bantuan peralatan mandi, mahasiswa harus mendaftar melalui formulir di SSO dan memilih tempat pengambilan yang diinginkan. Setelah melengkapi data, mahasiswa akan mendapatkan barcode yang ditunjukkan kepada petugas pembagian food truck di tempat yang dituju. Petugas akan memindai barcode tersebut dan mahasiswa akan terdata sudah mengambil.

Bantuan peralatan mandi sebagai bentuk komitmen Undip untuk senantiasa memperhatikan kesejahteraan, kebersihan dan kesehatan mahasiswa. Pemberian bantuan peralatan mandi ini diagendakan diberikan satu bulan sekali dengan teknis pengambilan seperti program food truck. Kesehatan dan kebersihan merupakan aspek penting dalam menunjang kualitas hidup mahasiswa.

Dengan penyediaan peralatan mandi setiap bulan, Undip berharap dapat membantu memastikan bahwa mahasiswa memiliki akses terhadap kebutuhan dasar yang esensial karena kebersihan bukan hanya masalah fisik, tetapi juga berkaitan erat dengan kesejahteraan mental dan kenyamanan hidup sehari-hari. (Hng ed.Ut-Humas)

Share this :