Dr. Choirul Anam, S.Si., M.Si., F.Med., seorang ilmuwan dan Dosen Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (FSM UNDIP), kembali meraih pencapaian yang luar biasa yaitu penghargaan Outstanding Reviewer Awards 2023. Penghargaan tersebut diberikan oleh Institute of Physics (IOP) Publishing sebagai pengakuan terhadap reviewer berprestasi yang menjunjung tinggi standar keilmuan IOP Publishing.

Pada kesempatan ini, IOP Publishing memberikan penghargaan kepada Dr. Choirul Anam atas ulasannya untuk Jurnal Proteksi Radiologi (Journal of Radiological Protection). IOP Publishing memberikan penghargaan Outstanding Reviewer berdasarkan kualitas, kuantitas, dan ketepatan waktu ulasan dengan ulasan yang sesuai nilai dan standar keilmuan di bidangnya.

Bagi Dr. Choirul Anam, penghargaan dari IOP Publishing bukan kali pertama yang beliau dapatkan. Sebelumnya, dirinya meraih penghargaan Outstanding Reviewer Awards for Physics in Medicine and Biology pada tahun 2019 dan Outstanding Reviewer Awards for Biomedical Physics & Engineering Express pada 2020.

Dosen FSM UNDIP ini merupakan salah satu ilmuwan muda dengan kontribusi luar biasa untuk perkembangan dunia fisika medis internasional, antara lain dengan riset komperehensif mengenai dosis radiasi dan kualitas citra dari pesawat computer tomography (CT). Hasilnya merupakan software yang telah digunakan oleh peneliti di lebih dari 60 negara di dunia. Selain itu, Dr. Choirul Anam juga aktif dalam publikasi ilmiah sejumlah sekitar 200 paper dan 100 di antaranya telah terindeks Scopus.

Kredibilitas Dr. Choirul Anam sangat terpercaya, terbukti dari di sela waktunya sebagai ilmuwan dan dosen, dia pun aktif melakukan review di berbagai jurnal bereputasi dunia. Hasil review-nya pun telah divalidasi oleh penerbit internasional. Hingga saat ini review jurnal oleh Dr. Choirul Anam berjumlah sekitar 87 review.

Prestasinya sebagai ahli bidang fisika medis memberikan sumbangsih yang signifikan pada perkembangan ilmu fisika di Indonesia dan juga di dunia, salah satunya yakni kontribusinya pada IOP Publishing (https://publishingsupport.iopscience.iop.org/questions/journal-of-radiological-protection-outstanding-reviewer-awards-2023/). Semoga capaian luar biasa ini mampu menjadikan dorongan bagi para generasi muda untuk terjun dan menekuni dunia IPTEK. (Titis/Ghaitsa – Public Relations)

Share this :