, ,

Rektor: Banggalah Jadi Lulusan UNDIP dan Sukses Berkarier

Wajah penuh kebahagiaan dan keceriaan terpancar dari para wisudawan/ wisudawati UNDIP, begitupun dengan keluarganya yang turut menghadiri pelaksanaan prosesi upacara wisuda ke–174 UNDIP Tahun 2024. Prosesi wisuda digelar dengan hikmat di Muladi Dome Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Diponegoro, Tembalang.

UNDIP meluluskan 2.491 wisudawan pada periode ke-174 yang digelar pada 23 s.d. 26 April 2024. Wisudawan terdiri atas 41 orang Program Doktor; 349 orang Magister; 40 orang Pendidikan Dokter Spesialis; 82 orang Profesi; 1897 orang Sarjana; 73 orang Sarjana Terapan (D4); dan 9 orang Diploma.  Kelulusan ini juga termasuk mahasiswa Bidik Misi sebanyak 231 orang.

Wisudawan nantinya diharapkan cepat memperoleh pekerjaan atau dapat menciptakan usaha yang membuka lapangan kerja bagi banyak orang lain. UNDIP telah banyak mengukir prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Salah satunya terbukti UNDIP saat ini menduduki rangking teratas di Indonesia yang lulusannya paling cepat memperoleh pekerjaan.

Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mengawali sambutan dengan ucapan selamat kepada wisudawan/ wisudawati yang telah resmi menyandang gelar diploma, sarjana, magister, spesialis, profesi maupun doktor. “Dengan iringan doa semoga kalian sukses dalam mencari pekerjaan dan sukses berkarier,” ucap Prof Yos.

“Berbanggalah telah berhasil lulus menyelesaikan studi di UNDIP salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan prestasi-prestasi diantaranya Ranking 1 Nasional Universitas yang alumninya paling cepat mendapat pekerjaan berdasar QS Ranking for employability 2021-2022; Rangking 2 nasional dan ranking 30 dunia Sustainable University berdasar UI Greenmetric 2020,2021,2022, dan 2023; Ranking 2 Nasional PTNBH Terbaik tahun 2021 dan 5 Besar PTNBH Terbaik 2022; Top 8 National rank for World University Rank 2023 Versi QS WUR; 5 Besar Universitas terfavorit 5 tahun berturut turut dan lebih dari 20 Prodi terakreditasi Internasional, ABEST, FIBAA, ASIIN; 24   Prodi  ranking 1 s.d.  3 prodi terbaik di tingkat nasional,” kata Prof Yos.

“Kesuksesan adalah jika kita bisa “dadi menungso sing bener” walaupun mungkin tidak banyak berharta, mungkin pula tidak terlalu berpangkat, tetapi berjiwa merdeka sehingga berani berkata benar sesuai hati nurani,” pesannya. “Sesungguhnya makna sukses sebagai alumni UNDIP, dengan menempatkan orientasi dirinya sebagai pribadi yang tawadhu dan selalu berorientasi kepada pemikiran kemanfaatan bagi orang lain dan tidak menyakitinya,” imbuh Prof Yos.

Sementara pada pengantarnya, Ketua Senat Akademik Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., IPU menyerukan “Bertebaranlah diseluruh penjuru Nusantara bahkan Dunia. Kibarkan panji Diponegoro dimanapun kalian berada. Jadilah agen perubahan dan agen pembangunan guna kemajuan peradaban manusia dan kesejahteraan Masyarakat. Tetaplah rendah hati dan jangan bersikap Adigang, Adigung, Adiguna.”

Adapun Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Suharnomo, S.E., M.Si melaporkan bahwa pelaksanaan wisuda secara luring diselenggarakan dalam 4 tahap selama 4 hari. Sampai dengan wisuda periode ini, jumlah lulusan Undip telah mencapai 263.025 orang, 1.570 wisudawan atau 63.03% diantaranya memperoleh predikat cumlaude. “Semoga para wisudawan senantiasa sukses dalam meniti karier dan selalu menjadi teladan bagi masyarakat,” kata Prof Suharnomo diakhir laporannya. (DHW – Humas)

Prosesi acara wisuda ke – 174 UNDIP dapat disimak selengkapnya di youtube UNDIP TV Official.

Share this :

Category

Arsip

Related News