, ,

Prodi Unggulan UNDIP Raih Peringkat QS World University Rankings by Subject 2024

Universitas Diponegoro (UNDIP) kembali membuktikan kredibilitasnya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yang keunggulannya dapat dilihat dari hasil pemeringkatan oleh QS World University Rankings by Subject 2024.

Saat ini, UNDIP memiliki 55 program studi jenjang sarjana, 11 program studi jenjang sarjana terapan, 62 program studi jenjang pascasarjana dan profesi, serta 21 program studi spesialis dan sub-spesialis. Di antaranya, 5 program studi unggulan di UNDIP menduduki peringkat pada QS World University Rankings by Subject 2024.

Peringkat QS WUR by Subject 2024 disortir dari 1.559 institusi pendidikan tinggi di lebih dari 45 negara di seluruh dunia. Pada tahun 2024, terdapat 55 subjek yang termasuk dalam 5 area subjek utama yaitu Arts&Humanities (Seni&Humaniora), Engineering&Technology (Teknik&Teknologi), Life Science&Medicine (Ilmu Kehidupan&Kedokteran), Natural Sciences (Ilmu Alam), dan Social Sciences & Management (Ilmu Sosial & Manajemen).

QS WUR mengolah data dari belasan juta paper yang dihasilkan oleh 1.559 institusi pendidikan tinggi di dunia. Dengan menentukan tolak ukur standar internasional, QS WUR bertujuan untuk mendorong perkembangan institusi, meningkatkan reputasi brand, meningkatkan indikator kinerja, dan menarik calon mahasiswa. Dalam penilaiannya, QS WUR menggunakan berbagai indikator dalam penilaian beberapa aspek antara lain Academic Reputation, Citation per Paper, Employer Reputation, H-Index, dan IRN (International Research Network).

Berdasarkan hasil penilaian QS World University Rankings by Subject 2024, terdapat 5 subjek di Undip yang berhasil masuk dalam pemeringkatan global. Kelima subjek tersebut adalah Law (Global Rank 351-370); Agriculture&Forestry (Global Rank 401-450); Business&Management Studies (Global Rank 451-500); Economics&Econometrics (Global Rank 451-500)  dan Social Sciences&Management (Global Rank 501-550).

Ranking tersebut merupakan hasil kerjasama dan sinergi dari seluruh civitas academica UNDIP yang berada di berbagai unit serta Fakultas/Sekolah. Lebih lanjut, capaian ini merupakan prestasi membanggakan khususnya untuk Fakultas Hukum (FH), Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Diharapkan prestasi ini dapat meningkatkan semangat untuk membuat UNDIP lebih maju dengan berbagai pencapaian akademik dan non-akademik. (Titis-Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News